blank
Anggota Polres Kendal sedang membersihkan lantai dalam Masjid Agung Kendal.(FOTO:SB/Agung)

KENDAL(SUARABARU.ID)- Jajaran Polres Kendal mengadakan aksi bersih-bersih di Masjid Agung Kendal dan kawasan yang ramai dikunjungi banyak orang, Senin (16/3) pagi.

Aksi bersih- bersih ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap kesehatan masyarakat dan turut mencegah penyebaran virus corona yang menjadi penyebab Covid-19 yang sudah mulai merebak di wilayah Jawa Tengah.

Kapolres Kendal AKBP Ali Wardana, mengatakan, selain di dalam Masjid Agung KendaL, para anggota Polri ini juga membersihkan tempat-tempat sampah yang ada di sekitar halaman masjid tersebut.

Peralatan yang ada di dalam masjid, kentongan, tempat alquran, jam dinding termasuk pegangan di tangga lantai dua juga dibersihkan. Langkah ini dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada jamaah yang hendak melakukan ibadah salat di Masjid Agung tersebut.

Menurut Kapolres Kendal, merebaknya virus covid-19 perlu mendapatkan perhatian dari semua pihak. Tidak terkecuali anggota Polres Kendal yang peduli dengan kesehatan masyarakat melakukan aksi bersih-bersih di kompleks Masjid Agung.

“Untuk menjaga kesehatan perlu menjaga kebersihan sehingga virus dan kuman tidak mudah datang. Kita memilih masjid karena banyak aktivitas yang dilakukan dan tempat berkumpulnya banyak orang yang tidak bisa dideteksi satu persatu,” kata Kapolres Kendal AKBP Ali Wardana.

Takmir Masjid Agung Kendal K.H. Ubaidillah, mengatakan, pihak masjid terus menjaga kebersihan dan secara rutin setiap hari membersihkan di dalam masjid maupun di luar masjid, apalagi setelah munculnya penyebaran virus corona .

“Kegiatan masjid sendiri juga belum dibatasi dan dikurangi, namun demikian untuk karpet masjid secara rutin akan dilakukan penyemprotan dan digulung jika tidak digunakan,” kata K.H. Ubaidilah.

Tidak hanya di Masjid Agung, aksi bersih-bersih ini juga akan terus dilakukan jajaran Polres Kendal di sejumlah tempat yang banyak dikunjungi orang banyak. Tempat ibadah lainnya seperti gereja dan pura juga akan dibersihkan, sebagai upaya pencegahan penyebaran virus dan memberikan rasa aman kepada warga.

Dalam kesempatan ini Kapolres Kendal juga memberikan bantuan kepada takmir masjid berupa masker dan juga cairan hand sanitizer.

Agung-mm