blank
Seorang pasien saat memeriksa tekanan darahnya dalam acara pengobatan gratis yang digelar PWI Kudus bersama Wong Sehat FC. foto:Suarabaru.id

KUDUS  (SUARABARU.ID) – PWI Kabupaten Kudus menggelar pengobatan gratis di Desa Setrokalangan, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus, demi mengajak masyarakat untuk membiasakan pola hidup sehat sekaligus upaya mencegah penyebaran virus corona, Minggu (15/3).

Pengobatan gratis yang digelar di Balai Desa Setrokalangan tersebut, mendapatkan respons positif masyarakat setempat menyusul banyaknya warga yang memanfaatkan pengobatan tersebut.

“Dari undangan yang kami sebarkan kepada masyarakat lewat bantuan perangkat desa, tercatat ada sekitar 150-an orang yang hadir,” kata Ketua Panitia Baksos PWI Kabupaten Kudus Burhanudin Firdaus.

Bahkan ketika pengobatan ditutup, warga masih tetap berdatangan untuk melakukan pengobatan karena banyak warga yang mengeluhkan sakit, mulai dari lambung, asma, demam, radang hingga keluhan batuk.

Bakti sosial pengobatan gratis di desa yang baru saja tergenang banjir itu digelar dengan menggandeng dokter dan perawat dari komunitas Wong Sehat FC RSU Loekmonohadi Kudus.

Juru Bicara Wong Sehat FC Saiful Annas menambahkan, kegiatan pengobatan gratis ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat. Selain itu tem medis juga melakukan sosialisasi untuk mencegah penyebaran virus corona.

“Warga yang terdeteksi memiliki gejala mirip terpapar virus corona bisa langsung dirujuk untuk mendapatkan penanganan dini di RSU dr Loekmonohadi Kudus,” katanya.

Kepala Desa Setrokalangan Didik Handono menyambut positif kegiatan bakti sosial pengobatan gratis karena sebelumnya warganya memang dilanda banjir sehingga perlu pemeriksaan untuk mencegah terjadinya penyakit akibat terdampak banjir.

blank
Anggota PWI Kudus bersama pesonel Wong Sehat FC berfoto bersama usai pelaksanaan kegiatan pengonbatanm gratis di Desa Setrokalangan, Kecamatan Kaliwungu. foto:Suarabaru.id

Hasil pemeriksaan sebelumnya oleh tim medis dari Puskesmas setempat, kata dia, memang tidak ditemukan adanya keluhahan sakit yang berat.

Karena saat ini sedang mewabah virus corona, warganya juga perlu pengecekan kesehatan lanjutan. Warga yang memiliki gejala penyakit tertentu, lanjut dia, bisa diambil tindakan segera untuk diobati.

“Melalui pemeriksaan kesehatan secara periodik, setidaknya warga juga semakin sadar bahwa pola hidup sehat penting dilakukan,” katanya.

Dalam rangka pencegahan penyebaran virus corona, Pemdes Setrokalangan juga rutin melakukan kampanye gerakan masyarakat hidup sehat serta untuk mengajak warganya rajin cuci tangan setelah beraktivitas untuk mencegah penularan penyakit.

Maslikan, salah satu warga desa setempat mengaku berterima kasih kepada PWI Kudus karena bisa melakukan pemeriksaan kesehatan secara gratis, terlebih lagi saya memiliki riwayat darah tinggi.

“Harapannya, tensi darah saya bisa terpantau normal. Kalaupun tidak, saya bisa segera melakukan langkah-langkah agar tidak tinggi karena sangat berbahaya bagi kesehatan,” ujarnya.

Tm-Ab