Bagikan
BERJUBEL: Antusiasnya masyarakat yang hendak memeriksakan diri, membuat mereka harus rela antre hingga berdesak-desakan menunggu panggilan. Foto: riyan

JEPARA (SUARABARU.ID)– Dengan menjalani pola hidup sehat dan dan menjaga lingkungan tetap bersih, diharapkan bisa mencegah masuknya beragam virus yang ada. Selain virus influenza, dengue, dan yang terbaru virus Corona, kebersihan kini menjadi hal yang utama untuk dilakukan. Selain itu, kondisi tubuh harus selalu fit dengan teratur melakukan olahraga.

Hal itu seperti yang disampaikan Koordinator Yayasan Bina Insan Negeri (YBIN) dr Mada Gautama, saat ditemui di sela-sela acara bakti sosial Djarum Foundation berupa pelayanan medis, yang digelar di Desa Ujungwatu Kecamatan Donorojo, Jepara, Sabtu (14/3/2020). Dalam kegiatan pengobatan massal ini, tak kurang dari 677 pasien yang datang dari wilayah yang ada di ujung timur Kabupaten Jepara ini.

BACA JUGA : Kapolres Wonogiri Pimpin Sosialisasi Pencegahan Virus Corona

”Kami berharap, setelah adanya kegiatan dan sosialisasi kesehatan ini, masyarakat bisa menjalani kehidupannya dengan tenang. Karena sebagain besar masyarakat saat ini, kurang memperhatikan kesehatan diri dan kebersihan lingkungannya,” kata dr Mada.

Ditambahkan dia, saat ini memang merebak virus Corona, yang bahkan sudah ada korban jiwa yang meninggal dunia. Dengan adanya virus ini, dia ingin masyarakat tidak terlalu panik, karena upaya pencegahan dan pengobatan yang dilakukan pemerintah sudah secara kontinyu dan masif.

Menurut dr Mada, dengan semakin stres atau panik menghadapi wabah ini, masyarakat akan semakin mudah terkena atau tertular virus. Salah satu alasannya, bila masyarakat panik atau stres tentunya membuat beban pikiran menjadi berat, sehingga kondisi tubuh tidak terkontrol. Dan akibatnya rentan tertular virus berbagai macam penyakit.

”Bila bicara tentang kesehatan. tentunya tidak bisa lepas dari kebersihan. Dan dengan adanya kegiatan pelayanan medis ini, masyarakat kami harapkan bisa memanfaatkannya sebaik-baiknya. Karena bukan hanya yang sakit saja yang diperiksa, tetapi bagi masyarakat yang sehat pun, bisa mengecek kesehatannya. Karena kita juga menyediakan laboratorium untuk cek gula darah, kolesterol dan asam urat,” papar dia panjang lebar.

SIMBOLIS: Perwakilan Djarum Foundation Arvi Oktaviendra (kedua dari kanan), menyerahkan bantuan secra simbolis kepada Kepada Desa Ujungwatu, Sungatono (kedua dari kiri). Foto: riyan

Lima Bakti
Sedangkan Kepada Desa Ujungwatu, Sungatono menyatakan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. Dia mengucap syukur, karena masyarakat bisa melakukan pemeriksaaan sekaligus pengobatan atas penyakit yang dideritanya. Dengan dibantu sekitar 10 tenaga medis dari Puskesmas Donorojo, masyarakat secara tertib antre guna memeriksakan diri.

”Kami senang dengan adanya kegiatan ini, karena pada akhirnya masyarakat bisa terkondisikan, sehingga menjadi sehat. Selama ini kami pun sebenarnya sudah menjalankan pola hidup sehat, salah satunya dengan program olahraga rutin yang dilakukan masyarakat, seperti bulutangkis dan sepakbola,” imbuh Sungatono.

Sementara itu, perwakilan Djarum Foundation Arvi Oktaviendra menyebutkan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pengabdian perusahaan pada masyarakat. Dengan pelaksanaan pelayanan medis ini pihaknya ingin masyarakat bisa memanfaatkannya secara maksimal.

”Selain kegiatan Bakti Sosial ini, kami juga melaksanakan empat program lainnya untuk masyarakat banyak, yakni Bakti Budaya, Bakti Lingkungan, Bakti Olahraga dan Bakti Pendidikan. Program lima bakti ini, semuanya kami persembahkan untuk masyarakat,” tukas dia.

Riyan-Muha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here