blank
Suasana sebuah SD di Ungaran, saat para siswa berlatih musik. Foto: FB SDN Ungaran

UNGARAN (SUARABARU.ID)– Pemerintah Kabupaten Semarang, Jawa Tengah memutuskan meliburkan seluruh sekolah setempat selama sepekan sebagai antisipasi merebaknya virus corona atau COVID-19.

blank
Kepala Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Semarang, Sukatom Purtomo. Foto: tribun

Kepala Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Semarang, Sukatom Purtomo, di Ungaran, Sabtu, mengatakan, keputusan meliburkan siswa tersebut didasarkan atas hasil rapat koordinasi forkopimda yang dipimpin Bupati Semarang. “Selanjutnya akan membuat edaran kepada seluruh sekolah dan dikirimkan hari ini juga,” katanya.

Dalam edaran tersebut, lanjut dia, juga disampaikan imbauan tentang pola hidup bersih di lingkungan sekolah. Kebijakan meliburkan sekolah tersebut, kata dia, akan dikoordinasikan dengan Dinas Kesehatan. “Kalau kondisinya belum memungkinkan, kebijakan meliburkan sekolah bisa diperpanjang,” katanya.

Sebelumnya, Bupati Mundjirin juga memutuskan membatalkan seluruh rangkaian kegiatan HUT Ke-499 Kabupaten Semarang yang jatuh pada 15 Maret 2020. Keputusan tersebut didasarkan edaran yang berisi imbauan untuk mengurangi kegiatan yang sifatnya mengumpulkan banyak orang.

Ant-trs