blank
Wakapolres Wonosobo Kompol Sopanah SH ketika memberikan alat pembersih tangan sanitizer kepada salah satu guru di SDN 1 Jaraksari Wonosobo. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Wakapolres Wonosobo Kompol Sopanah SH mengatakan virus corona atau Covid-19 bisa dicegah dengan pola hidup sehat dan bersih di masyarakat. Jika setiap orang menerapkan budaya hidup sehat dan bersih maka segala bentuk virus dan bakteri yang bisa menyebabkan penyakit tidak akan mudah menyerang tubuh seseorang.

“Masyarakat tidak perlu takut, was-was dan panik dengan adanya informasi wabah virus corona yang menghebohkan dunia dan telah masuk ke Indonesia. Asal menjaga pola hidup sehat dan bersih virus Covid-19 tidak akan bisa menyerang tubuh seseorang, ” tegasnya.

Penegasan tersebut disampaikan orang nomer dua di Polres Wonosobo di sela-sela kegiatan sosialisasi “Budaya Hidup Sehat dan Bersih, Penerapan Cuci Tangan yang Benar Bagi Pelajar dan Pembagian Masker di Masyarakat”, oleh jajaran Polres setempat, Jumat (13/3), di beberapa sekolah dan ruang publik.

Road show gerakan hidup sehat dan bersih, tambahnya, melibatkan seluruh personil kepolisian di lingkungan Polres Wonosobo. Tidak kali ini saja, gerakan serupa akan terus dilakukan di waktu yang akan datang hingga menyasar lapisan masyarakat paling bawah di pedesaan.

“Saat ini prioritas sasaran gerakan cuci tangan yang benar diprioritaskan ke kalangan pelajar dari tingkat PAUD/TK, SD/MI/SMP/MTs dan SMA/MA/SMK. Karena pelajar merupakan generasi masa depan bangsa ini. Harus sejak dini diberi pemahaman hidup sehat dan bersih sejak dini,” katanya.

Program Serentak

blank
Sosialisasi cuci tangan yang benar juga menyasar anak-anak TK Kemala Bhayangkari Wonosobo oleh Wakapolres Kompol Sopanah SH. Foto : SB/Muharno Zarka

Dalam rangka mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19, tambahnya, Polres Wonosobo juga gencar menggelorakan gerakan cuci tangan, pembagian sanitizer, sticker dan masker dengan mendatangi beberapa sekolah dan pusat keramaian secara serentak.

Menurut Kompol Sopanah, kegiatan ini merupakan program dari Polda Jawa Tengah untuk memberikan pengarahan dan mengajarkan bagaimana cuci tangan yang baik untuk menjaga kesehatan dan kebersihan. Ada enam langkah cara cuci tangan yang benar. Diantaranya mulai telapak tangan, lalu punggung tangan, sela-sela jari, kunci jari jari, putar ibu jari, serta terakhir kuku jari.

“Hal yang lebih penting dilakukan masyarakat adalah tetap menjaga kebugaran badan dengan berolahraga sehingga badan sehat dan tidak mudah sakit sehingga terhindar terjangkit virus seperti corona yang mematikan itu,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga memberikan bantuan masker kepada masyarakat. Tidak hanya itu, Polres Wonosobo juga memberikan hand sanitizer dan sticker kepada sekolah, agar digunakan untuk menjaga kebersihan tangan.

Setelah dilaksanakan sosialisasi tersebut, diharapkan masyarakat dapat memahami cara mencuci tangan yang benar, selalu menjaga kesehatan-kebersihan diri dan lingkungan sekitar.

Muharno Zarka-Wahyu