blank
Warga saat mempraktikkan cara membuat sabun cuci piring yang diajarkan anggota Satgas TMMD Kodim 0722/Kudus. foto:Suarabaru.id

KUDUS (SUARABARU.ID) – Kegiatan cukup kreatif dilakukan anggota TNI yang masuk dalam Satgas TMMD Kodim 0722/Kudus. Para prajurit ini mengajarkan warga Desa Kedungsari, lokasi digelarnya TMMD, tips membuat sabun cair untuk mencuci piring maupun peralatan memasak.

Pelatihan tersebut dimotori oleh tim kreatif Satgas Pra-TMMD 107 Kodim 0722/Kudus untuk memberikan keahlian membuat sabun cuci piring. Bertempat di rumah seorang warga, pelatihan ini cukup disambut antusias masyarakat.

“Kegiatan program TMMD tidak hanya kegiatan fisik, tetapi juga nonfisik,” kata Danramil 04/Jekulo Kapten Inf Purwadi didampingi tim kreatif Satgas Pra-TMMD 107 Kodim 0722/Kudus Serma Jamasri.

Ia mengungkapkan bahan-bahan yang digunakan tidak berbahaya dan aman ketika digunakan untuk mencuci piring maupun peralatan memasak lainnya.

Dengan adanya keterampilan membuat sabun, diharapkan bisa membawa manfaat dan bisa mendorong warga sekitar untuk membuat industri rumahan yang dapat dipasarkan sehingga bisa meningkatkan penghasilan masyarakat.

“Kegiatan ini, setidaknya bisa mendongkrak atau membantu perekonomian dan menambah penghasilan warga Desa Kedungsari,” ujarnya.

Lilik, salah seorang warga Desa Kedungsari di Kudus, mengaku senang bisa mempraktikkan cara membuat sabun cuci piring. “Hal ini merupakan pengalaman baru karena belum pernah ada yang mengajarkan warga cara membuat sabun cair,” ujarnya.

Informasinya, kata dia, lebih menghemat uang belanja karena dengan uang Rp50.000 sudah bisa menghasilkan sabun cuci piring hingga 6 liter.

“Ya kalau tahu caranya gini, kami gak perlu lagi beli sabun cuci piring. Uangnya bisa ditabung untuk kebutuhan lain,”ujarnya.

Tm-Ab