blank
BERI ARAHAN: Komandan latihan Kapten (Arm) Mashudi Pitoyo, saat memberikan pengarahan bagi anggota Kodim 0705/Magelang, yang mengikuti kegiatan latihan teknis teritorial. Foto: Yon

blankMAGELANG (SUARABARU.ID)– Sebanyak 190 prajurit Kodim 0705/Magelang, mengikuti kegiatan latihan teknis teritorial. Kegiatan itu merupakan upaya satuan untuk memelihara dan meningkatkan penguasaan dan keterampilan prajurit kewilayahan.

”Tujuan dari kegaiatan ini, agar para anggota Kodim 0705/Magelang memiliki kecakapan dalam melaksanakan tugas pembinaan teritorial, baik secara perorangan maupun dalam
hubungan kelompok,” kata Komandan latihan Kapten (Arm) Mashudi Pitoyo, Rabu (11/3/2020).

BACA JUGA : Krenova Ajang Menumbuhkan Budaya Inovasi Masyarakat Kota Magelang

Dijelaskan dia, keguatan itu juga untuk memberikan bekal bagi prajurit Kodim 0705/Magelang, dalam pelaksanaan tugas di wilayahnya. Mereka juga dibekali dengan materi kemampuan pengumpulan data teritorial dan penguasaan wilayah, serta pencegahan paham radikal.

”Para peserta juga menerima materi secara teori di ruangan, dan selanjutnya melaksanakan praktik lapangan di SDN 1 Gelangan Kota Magelang, dan Kantor Satpol PP Kota Magelang,” terang Mashudi lagi.

Kepentingan Negara
Dia menambahkan, para peserta latihan teknis juga melaksanakan praktik pengumpulan data teritorial, dan penguasaan daerah di wilayah Kecamatan Pakis, Kecamatan Tegalrejo dan Kecamatan Candimulyo.

Menurutnya, pembinaan teritorial merupakan tatanan yang bercorak kewilayahan, dan didayagunakan untuk mengolah potensi wilayah, yang meliputi geografi, demografi. Selain
itu, kondisi sosial menjadi kekuatan yang siap diperlukan untuk kepentingan pertahanan negara.

”Untuk mendukung suksesnya pembinaan teritorial, prajurit juga harus memahami sikap teritorial meliputi Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI. Yakni dengan metode pembinaan teritorial berupa bakti TNI, pembinaan ketahanan wilayah dan komunikasi sosial,” jelasnya.

Yon-Riyan