blank
SEWU KUTHO: Bupati Grobogan Sri Sumarni, saat menyanyikan lagu Sewu Kutho bersama Didi Kempot. Foto: Hana Eswe

GROBOGAN (SUARABARU.ID)– Konser Roadshow Didi Kempot Kangen Sukun Part 1, yang digelar di Alun-alun Purwodadi, sukses membuat masyarakat Grobogan “ambyar”. Tak hanya masyarakat Grobogan saja, penonton dari luar Grobogan juga turut datang. Mereka bernyanyi sambil berjoged bersama sang maestro lagu campursari itu.

Pria yang disebut sebagai Godfather of Broken Heart ini, menyanyikan lagu perdana berjudul Cidra. Lagu ini membuat seluruh penonton ikut bernyanyi bersama. ”Selamat malam Grobogan. Kalian luar biasa,” sapa Didi Kempot.

BACA JUGA : Bencana Banjir dan Tanah Longsor di Wonogiri Meluas

Suasana semakin meriah, ketika Didi Kempot memanggil Bupati Grobogan, Sri Sumarni. Didampingi jajarannya, Sri Sumarni naik ke atas panggung dan bernyanyi bersama Didi Kempot membawakan lagu Sewu Kutha.

blank
Suasana semakin meriah, saat penabuh kendang, Dorry Harsa menyanyikan lagu Kangen Nickerie, yang membuat banyak penonton histeris. Foto: Hana Eswe

Para penonton semakin bersemangat, saat Didi Kempot mengajak Kapolres Grobogan, AKBP Ronny Tri Prasetyo Nugroho, bernyanyi lagu andalannya, Pamer Bojo.

Dudu klambi anyar sing neng njero lemariku, nanging bojo anyar sing mbok pamerke ning aku,” dendang Kapolres, saat menyanyikan lagu yang viral hingga seluruh Indonesia itu.

Dalam kesempatan ini, Bupati Grobogan Sri Sumarni, mengajak semua masyarakat yang menonton pertunjukan Didi Kempot, agar tetap berada dalam posisi yang kondusif. ”Setelah pentas ini masyarakat kami harapkan tetap kondusif,” ujar Sri Sumarni.

Dorry Bikin Nangis
Di pertengahan acara, penabuh kendang yang tengah jadi viral, Dorry Harsa, berkesempatan menyanyikan lagu Kangen Nickerie. Lagu yang aslinya dibawakan duet bersama Didi Kempot itu, dinyanyikan secara solo pada acara ini.

Menurut sebagian penonton, lagu itu sangat mengena di hati. ”Denger lagunya jadi ingat sama mantan suami,” ujar Ira, salah satu penonton.

Dorry Harsa sendiri menjadi viral, saat dia mengiringi Didi Kempot menyanyikan lagu ini sambil menangis. Video itu dibagikan ke media sosial, dan mendapatkan sambutan positif dari masyarakat, khususnya kaum hawa.

blank
The Godfather of Broken Heart, Didi Kempot sukses membuat penonton “ambyar” di Alun-alun Purwodadi, Minggu (8/3/2020). Foto: Hana Eswe

Solo Balapan
Di akhir acara, Didi Kempot berkesempatan menyanyikan lagu Solo Balapan, yang tenar di era 2000-an. Lagu ini terus melegenda hingga saat ini. ”Ini lagu terakhir saya, setelah itu kalian boleh pulang ke rumah masing-masing. Hari Senin waktunya kerja kembali,” ujar Didi, sebelum menyanyikan lagu penutup.

Sementara itu, Corporate Secretary PR Sukun, Deka Hendratmanto selaku penyelenggara kegiatan ini menjelaskan, Didi Kempot merupakan penyanyi campursari legendaris yang dedikasinya sudah tidak diragukan lagi.

Menurut dia, Didi Kempot yang diganjar penghargaan Lifetime Achievement dari Bilboard Indonesia ini, telah menjadi inspirasi bagi anak-anak muda untuk semakin menyukai lagu-lagu Jawa.

”Ini menjadi salah satu alasan Sukun menggandeng Didi Kempot dalam rangkaian Roadshow Didi Kempot Kangen Sukun di sepuluh kota. Salah satunya di Kabupaten Grobogan. Roadshow ini ibarat nostalgia, karena Didi Kempot pernah menjadi ikon Sukun di era 80-an,” kata dia.

Hana Eswe-Riyan