blank
Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan didampingi Kapolsek Prembun AKPTejo memberikan sambutan saat penanaman pucuk merah di Desa Sidogede.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Polres Kebumen terus menggalakkan go green sesuai  Program Unggulan Kapolda Jateng Iren Pol Rycko Amelza Dahniel. Seperti  di Desa Sidogede, Kecamatan Prembun, Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan menanam pohon pucuk merah bersama warga desa.

Pada penanaman yang dilakukan Sabtu (7/3), sebanyak 1.000 pohon pucuk merah ditanam bersama jajaran Polsek Prembun, Koramil serta masyarakat Desa Sidogede. Warga pun ikut antusias menanam pohon penghijauan di tepi jalan desa sepanjang 3 kilometer. Secara simbolis Kapolres didampingi Kapolsek Prembun AKP Tejo menyerahkan bibit pucuk merah kepada Kades Sidogede Sunarto serta dilanjutkan menanam serentak di tepi jalan desa.

Menurut Kapolres AKBP Rudy Cahya Kurniawan, penanaman pohon penghijauan itu untuk menggelorakan Program Unggulan Kapolda Jateng ”Ayo Nandur, Ayo Rawat.” Pihaknya berharap gerakan menanam di Desa Sidogede bisa menjadi pioner dan diikuti desa-desa lain untuk giat menanam.

blank
Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan didampingi Kapolsek dan Danramil menanam pucuk merah di tepi jalan Desa Sidogede, Kecamatan Prembun.(Foto:SB/Ist)

Dalam rangkaian blusukan Kamtibmas ke Polsek Prembun itu Kapolres Kebumen juga mengajak seluruh warga untuk menjaga lingkungan tempat tinggal dan lahan yang dimiliki dengan melakukan penanaman yang bernilai ekonomi dan produkif. Dia berharap melalui penanaman penghijauan memiliki banyak manfaat. Salah satu yang penting yakni bisa menghasilkan udara bersih dan kandungan oksigen yang dibutuhkan setiap manusia.

Kades Sidogede Kecamatan Prembun Sunarto menyambut baik dan senang dengan adanya kegiatan penanam yang diiniasi Polres dan didukung Polsek serta Koramil Prembun.  Pihaknya mengaku baru pertama kalinya desanya kedatangan Kapolres Kebumen.  Hal itu   diharapkan bisa menambah semangat warga untuk menanam penghijauan serta mendorong gairah untuk membangun dan memajukan desanya.

Menurut Sunarto, ribuan pokon pucuk merah itu akan menggantikan pagar rumput yang biasa untuk sarang nyamuk. Melalui pohon pucuk merah diharapkan bisa lebih menyegarkan udara dan menyehatkan lingkungan desa.

Komper Wardopo.