Kesadaran Warga untuk Sensus Online Masih Rendah

635
0
blank
LOGO SENSUS - Wali Kota Tegal H Dedy Yon Supriyono, SE MM dan Wakil Wali Kota Jumadi ST, MT memperagakan logo sensus penduduk 2020.

KOTA TEGAL (SUARABARU.ID) – Warga Kota Tegal yang melakukan sensus penduduk online persentasenya masih rendah, yaitu hanya 2,78 persen dari 80 persen yang ditargetkan Pemerintah Kota Tegal Pemerintah Kota Tegal dan BPS Tegal saat Rapat Koordinasi untuk mendaptakan Strategi yang tepat untuk mendorong Masyarakat mengikuti Sensus penduduk 2020.

“Untuk semua camat dan lurah se-Kota Tegal diharapkan untuk mendorong masyarakat mengikuti sensus penduduk 2020 secara mandiri, secara online, tentu saja karena karena ini baru setengah bulan dan masih di angka 2,78 persen artinya masih sangat rendah dibandingkan dengan beberapa kota lain. Untuk itu saya meminta camat dan lurah untuk bahu membahu bersinergi dan berkolaborasi dengan semuanya,” ujar Wakil Walikota Jumadi, saat rapat koordinasi dengan BPS di ruang Rapat Sekda, kemarin.

Pemerintah mengindikasikan rendahnya porsentase sensus penduduk on-line diantaranya terkendala belum tahu manfaat sensus penduduk bagi warga, jaringan atau koneksi internet yang lemah, gaptek untuk warga di wilayah tertentu dan banyaknya warga yang merantau dengan menyisakan orangtua dan anak anak dirumah tidak tahu teknologi serta kendala teknis yang lainnya.

Jumadi juga menambahkan, jika warga tidak mempunyai koneksi internet, Pemerintah akan support di masing masing kelurahan untuk ditambah bandwidth agar masyarakat sekitar kelurahan bisa menggunakan bandwith secara gratis untuk agenda sensus penduduk 2020.

“Untuk 2030 tidak ada lagi sensus penduduk yang dilakukan BPS namun dilakukan oleh warga Negara Indonesia secara mandiri artinya apa, kalau mereka tidak melakukan sensus berarti data dia tidak tercatat di data kependudukan pemerintah, bisa berbahaya kalau dia mau umrah, haji, pendidikan yang lebih tinggi kalau datanya tidak ada terus bagaimana dia punya data.”

Sementara itu Kepala BPS Kota Tegal, Agustinus Hariyanto mengatakan bahwa Solusi yang bisa ditawarkan BPS untuk meningkatkan capaian persentase sensus penduduk online yang masih jauh dari target diantaranya dengan siap memfasilitasi dan pendampingan di tiap kelurahan kepada RT atau RW untuk pengisian.

“Di kantor kami juga siapkan lima PC atau laptop untuk pendampingan pengisian di kantor BPS, warga bisa membawa KTP, KK, nomor surat nikah, Kita akan bantu dan untuk pak lurah semoga bisa mengidentifikasi warga mana yang kesulitan melakukan pengisian,” ucap Agus.

Akbar Budi Hardi