Parkir sepeda portabel yang disediakan UPT Gelora Sanden, Kota Magelang, untuk pecinta gowes, (Prokompim Pemkot Magelang)

MAGELANG (SUARABARU.ID) Unit Pelaksana Teknis (UPT) Gelora Sanden, Kota Magelang,  sudah menyediakan fasilitas parkir sepeda seperti yang diinginkan masyarakat pecinta gowes.

Ini kabar gembira bagi para penggemar sepeda yang ingin beraktivitas di kawasan Gelora Sanden, Kelurahan Kramat Selatan. Khususnya pada hari Minggu selain berolahraga, mereka juga meramaikan kegiatan car free day (CFD).

Kepala UPT Gelora Sanden, Bayu Saputro mengatakan, banyak masukan dari masyarakat yang ingin area Gelora Sanden  dilengkapi fasilitas parkir sepeda. Ini sebagai upaya mendukung gerakan bersepeda, sekaligus untuk keamanan sepeda tersebut.

‘’Maka saya inisiatif menyediakan fasilitas parkir portabel sebanyak 4 unit berbahan besi ringan tapi kuat. Masing-masing unit bisa menampung 5-7 unit sepeda,” ujarnya di kantornya Rabu (4/3).

Dia menerangkan, parkir portabel ini bisa dipindah-pindah tempatnya sesuai kebutuhan. Namun, dirinya berencana menempatkan parkir portabel sepeda ini di area Stadion Moch Soebroto setiap hari minggu pagi saat berlangsung CFD dan Sunday Morning (Sunmor).

‘’Rencana kami akan menempatkan dua unit di area stadion, karena setiap hari minggu banyak yang joging di lintasan atletik dalam stadion. Mereka yang membawa sepeda bisa parkir dengan nyaman dan tenang saat joging di lintasan,” katanya.

Dua unit lagi, lanjutnya, akan ditempatkan di area GOR Samapta yang juga banyak pengunjung saat hari Minggu. Selain hari Minggu, keempat unit parkir portabel ini bisa ditempatkan di manapun di dalam kawasan Gelora Sanden.

‘’Penempatannya fleksibel karena portable, sehingga bisa diletakkan di mana lokasi yang  membutuhkan. Kami berupaya  agar pesepeda bisa beraktivitas di Gelora Sanden dengan nyaman,’’ ungkapnya.

Bayu menuturkan, saat ini parkir sepeda sudah menjadi kebutuhan  seiring  makin banyaknya waarga yang olahraga sepeda. Tidak hanya bersepeda di waktu libur saja, tapi juga tidak sedikit yang menggunakan sepeda untuk mendukung pekerjaan, seperti ke kantor.

‘’Kami menangkap peluang itu  sekaligus sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat. Kota Magelang punya Gelora Sanden yang bisa untuk aktivitas olahraga apapun, termasuk sepeda. Di saat ada aktivitas olahraga sepeda, tapi tidak ada fasilitas parkirnya, kan sayang. Maka, kita harus sediakan,’’ terangnya. (pro)

Editor : Doddy Ardjono