Bagikan
Tio Putra Pratama mahasiswa Teknik Informatika Fakultas teknologi Informasi dan Komunikasi (FTIK) Universitas Semarang (USM) berhasil menciptakan alat untuk menghidupkan dan mematikan mesin sepeda motor berbasis Internet of Things (IoT).

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Tio Putra Pratama mahasiswa Teknik Informatika Fakultas teknologi Informasi dan Komunikasi (FTIK) Universitas Semarang (USM) berhasil menciptakan alat untuk menghidupkan dan mematikan mesin sepeda motor berbasis Internet of Things (IoT).

Putra dari Kristiyo Waluyo dan Sumaryati ini melakukan penelitian selama enam bulan, ia berhasil membuat Rancang Bangun Sistem Starter Pada Kendaraan Sepeda Motor Menggunakan Arduino dan Bot Telegram.

Menurut pria kelahiran Kudus, 13 Mei 1997 ini bahwa Kelebihan alat ini sudah berbasis IoT dan lebih modern karena bisa dikontrol dengan smartphone yang sudah terinstal aplikasi telegram dan memiliki akun bot telegram.

“Dengan menggunakan alat ini sekarang sepeda motor tidak perlu menggunakan kunci kontak untuk menghidupkan/mematikan mesin, cukup dengan menggunakan smartphone yang sudah terinstal aplikasi telegram dan memiliki akun bot telegram sudah bisa untuk mengontrol sistem starter sepeda motor” ungkap Tio.

Tio menambahkan Kontrol ini meliputi menghidupkan kunci kontak, menghidupkan mesin sepeda motor, dan mematikan mesin sepeda motor, untuk alat yang terdapat disepeda motor harus sudah terpasang alat arduino NodeMCU ESP8266 yang terhubung dengan sistem starter kendaraan sepedamotor, NodeMCU ESP8266 ini sudah support dengan wifi dan hanya perlu koneksi internet saja untuk menjalankan alat ini.

Untuk koneksi internet pada Arduino NodeMCU ESP8266 bisa menggunakan modem dan jika baterai pada modem habis, perangkat yang terdapat pada sepeda motor sudah tersedia soket untuk ngecharge modem tersebut sehingga alat tetap hidup tanpa kendala apapun.

USM-Wahyu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here