blank
Pelaksana tugas harian ( Plh) Sekda Kota Magelang, Taufik Nurbakin secara simbolis menyerahkan bendera KONI Kota Magelang kepada  Budi Cahyadi, Ketua KONI Kota Magelang yang baru saja dilantik. Foto: Suarabaru.id/ Yon

blankMAGELANG, (SUARABARU.ID)- Komite  Olahraga Nasional  Indonesia ( KONI) Kota Magelang  menargetkan  meraih masuk tiga besar pada pekan olahraga wilayah Kedu, Pekalongan, dan Banyumas ( Dulongmas) yang akan dilangsungkan di Pekalongan, November mendatang.

“Kami menargetkan  paling tidak  masuk tiga besar atku mempertahankan peringkat seperti prestasi pada Dulonmas 2015 lalu yakni berada di urutan kedua,” kata Ketua KONI Kota Magelang, Budi Cahyadi usai pelantikan dan pengukuhan pengurus KONI Kota Magelang periode 2018-2020, Kamis (27/2).

Budi mengatakan, pada ajang pesta olahraga tiga eks karesidenan yakni Karesidenan Kedu, Pekalongan dan Banyumas  2015 lalu, kontingen Kota Magelang berada  di kedua  dengan  meraih 74 emas, 74 perak dan 49 perunggu di bawah Banyumas yang berada di posisi teratas.

Menurutnya,  untuk meraih prestasi tersebut pihaknya sejak November 2019 lalu,  telah  melakukan persiapan  dengan membentuk tim bayangan kontingen Kota Magelang yang akan diterjunkan ke ajang olahraga di wilayah  tiga eks karesidenan tersebut.

Sedangkan cabang olahraga yang diandalkan untuk meraih target tersebut, yakni tarung derajat, tinju, selam, menembak dan arum jeram. Meskipun tidak menutup kemungkinan sejumlah  cabang olahraga lainnya juga bisa menyumbang pundi-pundi emas untuk kontingen Kota Magelang.

Untuk mencapai target tersebut, pihaknya juga mengirimkan sejumlah atlet yang dipersiapkan untuk mengikuti Porwil Dulongmas dengan dikutsertakanpada sejumlah kejuaraan  pada ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) antarwilayah di Wonosobo.

“Mereka juga kita kirimkan pada Popda Kota Magelang yang berlangsung beberapa waktu lalu. Para atlet yang dikirim ke ajang tersebut sebagai tempat ujicoba sebelum terjun di Porwil Dulongmas,” katanya.

Budi mengatakan, untuk menyiapkan para atlet yang akan diterjunkan pada ajang Porwil Dulongmas tersebut, pihaknya juga  memanfaatkan sejumlah fasilitas yang sudah ada di kawasan Gelora Sanden, sebagai tempat latihan para atlet.

Sementara itu, Ketua KONI Jawa Tengah, Subroto  dalam sambutannya  mengatakan, dengan dilantikan pengurus KONI Kota Magelang   diharapkan bisa meningkatkan prestasi olahraga di Kota Magelang. “Dari hasil  Pekan Olahraga Provinsi ( Porprov) Jawa Tengah yang berlangsung di Kota  Solo beberapa waktu lalu, kontingen Kota Magelang bisa meraih di peringkat ke -13. Diharapkan  dengan dilantiknya pengurus KONI ini, bisa lebih meningkatkan prestasi olahraga di Kota Magelang,” katanya.

Pada kesempatan itu, Subroto juga meminta kepada seluruh pengurus KONI Kota Magelang  untuk tertib dalam administrasi, tertib laporan pertanggungjawaban, sehingga tidak akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Yon-trs