blank
Rembo dan RRM, bertemu dalam satu masjid.

JEPARA (SUARABARU.ID) – Sekelompok anak muda terlihat membersihkan sudut-sudut ruangan masjid dbantu warga dan personil Babinsa dan Babinkamtibmas. Kelompok yang menamakan dirinya Rembo (Resik Masjid Baiturrohman) dan RRM (Resik-Resik Masjid) ini dibentuk atas dasar sukarela para anggotanya.

Ketika ditemui suarabaru.id salah satu anggota RRM yang akrab disapa Kokom menuturkan, “Kegiatan ini murni kami dedikasikan kepada warga masyarakat. Selain untuk membersihkan masjid juga sebagai edukasi untuk membentuk kelompok-kelompok kecil kebersihan ditiap lingkungan masjid”.

blank
Rembo (Resik Masjid Baiturrohman)

“Hal ini juga sangat membantu Marbot masjid dalam hal kebersihan masjid. Karena membersihkan masjid tidak hanya yang nampak dari luarnya saja, namun seluruh ruangan sampai sudut terkecil”. lanjutnya.

Dalam pantauan suarabaru.id, peralatan yang dibawa kedua kelompok tersebut sangat lengkap bisa sampai dimuat satu pickup. Ketika kami mengkonfirmasi, jumlah masjid yang terdata di seluruh Kabupaten Jepara ada sekitar seribu lebih masjid. “Sudah sekitar 105 masjid yang kami bersihkan tiap hari Jum’at, semoga kegiatan ini bisa istiqomah” lanjut Kokom.

blank
Membersihkan Masjid hingga sudut-sudut terkecil

Anggota yang tergabung dalam Rembo maupun RRM terdiri dari latar belakang profesi yang berbeda-beda. Mulai pelajar, karyawan, hingga pengusaha. Jadwal kebersihan masjid dilakukan tiap hari Jum’at pagi. Bagi Ta’mir maupun Marbot masjid yang ingin menghubungi kelompok Rembo maupun RRM bisa kontak salah satu anggotanya di nomor WA 08122811749 (Irfan Mujahidin RRM) dan 082298164888 (Mahmudi Rembo) gratis tidak dipungut biaya.

Ulil Abshor