blank
Berjaga di pantai Empu Rancak dengan dibantu penerangan lampu.

JEPARA (SUARABARU.ID) – Sampai  Minggu (23/2-2020) malam, kendati seharian tadi telah dilakukan pencarian oleh tim gabungan dan masyarakat, nasib   Legiman bin Suro  (65 tahun) belum juga diketahui.

Kini keluarga Legiman hanya bisa berdoa dan berharap-harap cemas,   semoga tulang punggung keluarga ini bisa diketemukan dalam keadaan selamat.

blank

Seperti biasanya, Legiman yang tinggal di Dukuh Empu Rancak RT 05 / RW 08 Desa Karanggondang, Mlonggo ini melaut saat subuh dan pada siang hari telah kembali.

Menurut informasi yang diperoleh SuaraBaru.Id dari Petinggi Desa Karanggondang, Ronji, pada Minggu pagi Legiman   berangkat dari rumah sekitar jam 04.30. ”Ia melaut dengan menggunakan alat tangkap jaring dan biasanya kembali siang hari,” ujar Ronji.

Informasi hilangnya Legiman diperoleh dari Andi Setiawan (33 tahun), nelayan yang juga menjadi tetangga Legiman. “Saat ia mau mengecekl jaring di branjang tengah laut yang dipasang semalam, ia melihat perahu agak ke tengah laut, sekitar 1 mil  dalam kondisi tanpa penumpang.  Karena itu Andi segera menyampaikan hal itu kepada keluarga dan aparat desa ,” ujarnya Ronji.

Perahu dengan nama Sumber Rejeki tanpa awak di Pantai Empurancak  itu di ketahui milik Legiman,” ujar Petinggi Karanggondang yang segera melaporkan peristiwa tersebut  kepada BPBD dan aparat terkait begitu mendapatkan informasi peristiwa tersebut dari warga.

Pencarian segera dilakukan.  TIM SAR Gabungan bersama nelayan setempat melakukan pencarian  dengan menggunakan jaring berjenis dogol di sekitar lokasi kejadian. Juga dengan menggunakan sejumlah perahu, baik milik BPBD maupun nelayan.  Namun hingga malam ini, nasib Legiman belum diketahui,” ujar Ronji.

Minggu malam banyak warga dan tim gabungan yang terdiri atas BPBD, TNI, Polri, Basarnas, Sar Jepara, Jepara Rescue, Ubaloka, FKAM, Sabana, Nelayan, warga dan perangkat desa , berjaga di seputar pantai Empu Rancak.

“Sedangkan nelayan yang melaut malam ini juga berusaha untuk mencari dengan menggunakan senter, Jika malam ini tidak diketemukan, besok pagi pencarian akan dilanjutkan,” ujar Ronji.

Hadi Priyanto.