blank
Offroader peserta petualangan sedang menjajal Sirkuit Semen Gresik saat event Adventure Explore Rembang (AER) yang digelar untuk memeriahkan HUT ke-6 PT Semen Gresik, Sabtu (22/2). Sirkuit ini siap digunakan untuk berbagai event offroad, bahkan skala nasional. Foto: Humas SG

REMBANG (SUARABARU.ID) Ratusan offroader dari berbagai daerah di Jawa Tengah dan Jawa Timur, meramaikan even Adventure Explore Rembang (AER) yang digelar dalam rangka memeriahkan HUT ke-6 PT Semen Gresik, Sabtu (22/2/2020).

Selain memperkenalkan progam Edupark dan sirkuit Semen Gresik, even bergengsi yang diikuti oleh Bupati Rembang, H Abdul Hafidz dan jajaran Direksi PT Semen Gresik ini.

Even menarik itu, sekaligus untuk mengangkat destinasi wisata berbasis potensi lokal desa sekitar perusahaan persemenan terkemuka tersebut dan keindahan alam Kota Rembang.

ER tahun ini adalah event kedua yang digelar Semen Gresik. Dibanding tahun lalu, animo peserta kali ini sangat tinggi.

Awalnya, panitia pelaksana hanya menargetkan 100 peserta. Namun ternyata ada 150 offroader dari Rembang, Kudus, Jepara, Pati, Cepu, Blora, Bojonegoro, Tuban, Gresik, Kediri hingga Nganjuk turun di even ini.

Selain Bupati H Abdul Hafidz dan Forkompinda Rembang, Danyonif 410/Alugoro Blora Letkol (Inf) Loka Jaya Sembada dan pengasuh Ponpes Wali Sembilan/Nurussalam Gomang, Tuban KH Noer Nasroh serta elemen lainnya juga turut menyemarakkan event AER yang titik start dimulai dari Taman Pandansili Desa Kadiwono, Bulu, Rembang.

blank
Bupati Rembang H Abdul Hafidz didampingi Direksi PT Semen Gresik meninjau area peternakan ayam, sapi, dan domba di lahan Edupark, Sabtu (22/2). Selain meningkatkan perekonomian, progam  Edupark juga bermanfaat membangun kemandirian pangan dan energi warga desa sekitar perusahaan persemenan terkemuka ini. Foto: Humas SG

Taman Pandansili merupakan destinasi wisata baru di kawasan Rembang bagian selatan. Taman Pandansili yang pengembangannya dibantu Semen Gresik diresmikan akhir 2019 lalu.

Direktur Produksi PT Semen Gresik Joko Sulistyanto mengatakan event AER merupakan bentuk sinergi positif antara dunia usaha, pemerintah dan masyarakat untuk bersama-sama mengangkat pariwisata berbasis potensi lokal di Kabupaten Rembang.

Di rute yang dilewati peserta AER misalnya, ada Taman Pandansili, air terjun Desa Pasucen hingga Cagar Alam Gunung Butak.

Komitmen Semen Gresik untuk mengangkat potensi wisata ini tak hanya lewat event AER ini saja.

Perusahaan persemenan terkemuka ini juga melakukan upaya revitalisasi agar ekosistem dan keanekaragaman hayati di berbagai lokasi tersebut terjaga.

Seperti yang dilakukan di kawasan Cagar Alam Gunung Burak. Upaya revitalisasi yang dilakukan bertahap itu dengan menggandeng BKSDA Jateng.

“Keindahan alam Rembang tidak kalah eksotis dengan daerah lain. Mari kita angkat bersama agar manfaatnya juga bisa dirasakan masyarakat sekitar,” kata Joko Sulistyanto, saat melepas iring-iringan peserta AER, Sabtu (21/2/2020).

blank
Bupati Rembang H Abdul Hafidz didampingi Direksi PT Semen Gresik meninjau area Edupark, Sabtu (22/2). Bupati tertarik dengan Edupark  dan berniat mengajak BUMDes di Rembang untuk menerapkan pola pemberdayaan ala Semen Gresik ini. Foto: Humas SG

Rute yang ditempuh sejauh 35 kilometer yang dilalui peserta AER juga menyajikan suguhan beragam pemandangan menarik.

Mulai dari hijaunya areal pertanian, hutan jati hingga kawasan tambang dengan latar belakang pegunungan kapur yang dari kejauhan tampak seperti permadani hijau raksasa.

Maka rute yang dilalui sulit serta susah untuk bermanuver, maka peserta AER kali ini dikhususkan hanya untuk kendaraan 4×4.

Adrenalin dan nyali peserta ditantang merasakan berbagai sensasi yang ada di rute kategori medium ekstreme ini. Mulai dari jalur bergelombang, kubangan, tanjakan hingga melintasi jalur sungai penuh bebatuan.

Peserta AER juga ditantang uji ketangkasan di sirkuit Semen Gresik. Sirkuit sepanjang 375 meter diproyeksikan bisa dimaksimalkan untuk berbagai event offroad bahkan skala nasional.

“Sirkuit Semen Gresik ini menjadi kebanggaan tersendiri. Even-even resmi offroad berbagai komunitas bisa menggunakan sirkuit ini,” ujar Ketua panitia AER PT Semen Gresik, Dharma Sunyata.

Titik finis AER berada di kawasan Edupark PT Semen Gresik. Dari lokasi ini, ratusan offroader lintas provinsi ini juga masih bisa menikmati area pabrik Semen Gresik yang berada di tengah hutan yang hijau.

Di lahan Edupark ini ratusan offroader juga diajak melihat hewan ternak dan berbagai tanaman yang ada di dalamnya. Mulai dari sapi, kambing domba, ayam, burung puyuh, lele, pepaya, pisang, kangkung, sawi, terong dan lainnya.

Direktur Keuangan dan SDM PT Semen Gresik Muchammad Supriyadi mengatakan Edupark merupakan bagian dari Progam Perkebunan, Pertanian, Perikanan dan Peternakan Terpadu (P4T).

Progam ini diproyeksikan berkontribusi untuk membangun kemandirian pangan dan energi serta mengangkat perekonomian warga sekitar perusahaan.

“Edupark ini kita proyeksikan untuk transfer of knowledge bagi warga desa sekitar Semen Gresik. Progam ini sekaligus menegaskan komitmen kita untuk tumbuh dan berkembang bersama masyarakat,” tandas Muchammad Supriyadi.

Bupati Rembang H Abdul Hafidz mengapresiasi upaya Semen Gresik dalam memajukan pariwisata maupun aksi pemberdayaan masyarakat di daerah yang dipimpinnya. Upaya ini strategis untuk menunjang kemajuan Rembang.

“Komitmen Semen Gresik tak perlu diragukan lagi. Progam Semen Gresik sangat membantu Pemkab Rembang,” jelas Abdul Hafidz.

Humas SG-trs