blank
MERIAH: Lomba cerdas cermat dari perwakilan Asset berjalan meriah. Foto: SB/Humas Pertamina EP

JAKARTA (SUARABARU.ID)– Bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), Pertamina EP, anak perusahaan PT Pertamina (Persero), dan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) dibawah pengawasan SKK Migas, menyelenggarakan acara peningkatkan kesadaran pekerja mengenai keselamatan kerja.

Dalam perayaan Bulan K3 yang berlangsung meriah itu mengambil tajuk, ‘Build a Safety Behaviour‘. Digelar juga 11 lomba yang diikuti kantor pusat dan perwakilan di setiap Asset dan Project, yang tersebar di wilayah kerja Pertamina EP.

BACA JUGA : Kanit Binmas Polsek Blora Blusukan ke Sekolah

Pada puncak acara sekaligus penutupan Bulan K3, dilaksanakan di Kantor Pusat Pertamina Eksploitasi dan Reproduksi (EP), di Menara Standard Chartered, Jakarta, pada Rabu, (19/2/2020) lalu. Hadir dalam kegiatan itu, jajaran direksi Pertamina EP dan SVP HSSE PT Pertamina Persero, Lelin Eprianto.

Lomba yang digelar antara lain HSSE Knowledge Contest for Employees 2020, HSSE Knowledge Contest for Management 2020, HSSE Vlog Contest 2020, First Aid Contest 2020, dan Fire Fighting Contest 2020.

Selain itu, lomba Peka Teraktif 2019, Peka Progressive 2019, HSE Participation for Assistant Manager 2019, Best HSE Participation for Manager 2019 serta Best HSE Partisipation for VP & GM 2019.

Lomba lainnya adalah, Sincere Facility KOFOE 2019, Sustain Facility KOFOE 2019, Best Improvement KOFOE 2019, dan The Best KOFOE 2019.

blank
PEMENANG: Pemberian doorprize serta hadiah kepada para pemenang lomba Bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja Pertamina EP. Foto: SB/Humas Pertamina EP

Komitmen
Presiden Direktur Pertamina EP, Nanang Abdul Manaf, mengatakan peringatan Bulan K3 ini dilaksanakan untuk membudayakan K3 di segala aspek, melalui perubahan perilaku masif dalam mewujudkan safety excellent dan zero fatality.

Melalui peringatan Bulan K3 Nasional 2020, lanjutnya, menjadi bukti kesadaran bersama seluruh insan Pertamina EP, dengan mengutamakan K3 di segala bidang.

Menurut Nanang, dengan peringatan Bulan K3, diharapkan bisa memberikan motivasi pekerja dan mitra kerja pada semua level, dalam kepedulian dan implementasi program HSSE (Health, Safety Security & Environment).

Dia juga menambahkan, Pertamina EP telah menunjukkan komitmennya akan aspek HSSE dan teruji pada personelnya yang begitu capable, kompeten, kreatif serta memiliki skill tinggi dalam mengelola aspek HSSE. ”Selamat kepada para pemenang lomba peringatan Bulan K3, semoga ajang ini jadi motivasi kinerja di semua aspek,” imbuh Nanang.

Direktur Pertamina EP itu juga berharap, apa yang diraih ini menjadi motivasi untuk terus menerapkan aspek HSSE dalam bekerja, hingga Zero Accident dapat terlaksana dengan baik.

Prosesi penutupan berjalan lancar dan meriah, diselingi dengan pemberian doorprize serta final lomba cerdas cermat.

Acara menarik lainnya, dilaksanakan diskusi dengan mengundang narasumber SVP HSSE PT Pertamina Persero, Lelin Eprianto, dan Senior Principal Consultant DNV GL Oil & Gas, Eric Roos.

Tercatat sepanjang 2019, Pertamina EP berhasil mencatat kinerja positif HSSE. Jumlah jam kerja selamat selama 2019 sebanyak 99.741.534 jam, Zero Fatality, dan akumulasi Total Recordable Incident Rate (TRIR) sebesar 0.1.

”Dengan bukti pencapaian itu, diharapkan Pertamina EP terus dapat melaksanakan kegiatan operasional, dengan menjunjung tinggi aspek HSSE,” pungkas Hermansyah Y Nasroen,
Public Relation Manager Pertamina EP.

Wahono-Riyan