blank
Ketua Komisi C DPRD Jateng, Asfirla Harisanto menanm pohon durian di lahan salah satu warga Cilacap

CILACAP (SUARABARU.ID) – Ketua Komisi C DPRD Jateng, Asfirla Harisanto, memanfaatkan waktu reses secara maksimal dengan menemui para konstituennya di Kabupaten Cilacap dan Banyumas, kemarin.

Dalam kunjungannya di Desa Penyarangan, Kecamatan Sidareja, politisi PDIP Perjuangan itu, mendapati beberapa persoalan yang ada di masyarakat dan harus mendapat perhatian pemerintah.

Terutama persoalan SDM dan permodalan yang menjadi penghambat perkembangan perekonomian desa setempat.

Bogi, panggilan akrab Asfirla Harisanto, mengajak masyarakat untuk meningkatkan perekonomian dengan menciptakan atau memanfaatkan sumber daya yang ada seperti misalnya potensi pertanian, wisata, kerajinan, atau peternakan

“Ada banyak lahan tetapi tidak bisa dimanfaatkan maksimal. Perairan sawah yang ada juga masih tadah hujan. Kemarau tidak ada air, musim hujan kebanjiran. Ini harus dicari solusinya,” kata Bogi.

blank

Bogi pun siap mendatangkan mentor untuk memberikan pelatihan kepada peserta agar bisa meningkatkan hasil panen. Terkait permodalan yang biasanya menjadi kendala, Bogi mengaku hal tersebut bisa dicarikan jalan keluar baik melalui perusahaan yang menyalurkan dana Corporate Social Responsibility (CSR) maupun lembaga keuangan dengan bunga rendah, terutama bank milik peemerintah.

“Kita bisa belajar dari daerah lain, bagaimana memaksimalkan lahan sawah agar bisa panen setahun lebih dari sekali. Atau memanfaatkan lahan untuk ditanami tanaman ekspor,” saran dia.

Dalam kesempatan tersebut masyarakat diminta untuk mencatat semua aspirasi yang diinginkan untuk kemudian diusulkan. Acara ditutup dengan penanaman pohon durian di halaman balai Desa Penyarang, Kecamatan Sidareja, Cilacap.

(Adv-Riyan)