blank
Bupati Grobogan, Sri Sumarni, didampingi Kapolres Grobogan, AKBP Ronny Tri Prasetyo Nugroho menandatangani komitmen Zona Integritas Polres Grobogan. Foto : Hana Eswe..

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Polres Grobogan kembali mencanangkan zona integritas (ZI). Pencanangan program ini dilakukan di Aula Jananuraga, Polres Grobogan, Senin (17/2/2020).

Dalam sambutannya, Kapolres Grobogan AKBP Ronny Tri Prasetyo Nugroho menjelaskan  integritas merupakan sebutan atau predikat yang diberikan kepada kementerian atau lembaga pemerintah yang pimpinan dan jajarannya berkomitmen wujudkan wilayah bebas korupsi (WBK) atau wilayah biroksi bersih dan melayani (WBBM). Hal itu dilakukan melalui upaya pencegahan korupsi, reformasi birokrasi, dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

“Sebagai sinergi kegiatan pencegahan korupsi, reformasi birokrasi, dan peningkatan kualitas pelayanan publik, maka ditetapkan kebijakan pembangunan zona integritas. Tolok ukur keberhasilan pembangunan zona integritas yaitu dengan ditetapkannya indikator pemberian penghargaan berupa predikat WBK dan WBBM,” ujar dia.

AKBP Ronny menjelaskan pihaknya mempunyai komitmen mewujudkan WBK dan WBBM. Untuk mencapai hal itu, Polres Grobogan harus memenuhi enam komponen pengungkit, yakni program manajemen perubahan, program tata laksana, sistem manajemen SDM, pengawasan, akuntabilitas kinerja, dan penguatan kualitas pelayanan publik.

“Hal ini juga dilaksanakan sesuai perintah Kapolda Jawa Tengah dan Polres Grobogan yang ditunjuk sebagai salah satu satker di jajaran Polda yang harus melaksanakan pencanangan pembangunan zona integritas di lingkungan kerja,” katanya.

Pencanangan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM ini dilakukan terbuka. Hadir dalam pencananangan ini, Bupati Grobogan, Sri Sumarni bersama jajaran Forkopimda Grobogan, tokoh agama, tokoh masyarakat dan LSM serta stakeholders terkait.

“Kami meminta stakeholder dan seluruh tamu undangan mendukung pelaksanaan pembangunan zona integritas sehingga Polres Grobogan mampu menampilkan sosok Polri yang berkomitmen sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat guna mewujudkan Polri yang profesional, modern, tepercaya, dan bebas dari KKN serta dicintai masyarakat,” ujar pria yang sebelumnya bertugas di Polda Jateng.

Pencanangan ini ditandai dengan penandatanganan deklarasi Zona Integritas oleh Bupati Grobogan, Sri Sumarni dilanjutkan oleh stakeholders terkait.

Hana Eswe-trs