Bagikan
Saat dua dari belasan staf KPU Kabupaten Blora, mencermati dengan teliti berbagai data berkas kelengkapan pembentukan badan ad hoc. Foto : SB/Wahono

BLORA (SUARABARU.ID) – Melalui pengumuman resminya bernomor 37/PP.05.3-PU/33116/KPU/II/2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Sabtu (14/2/2020), mengumumkan 80 personil PPK terpilih.

Personel calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sebanyak itu, segera ditetapkan menjadi anggota PPK untuk penyelenggara pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 di 16 wilayah kecamatan se-Kabupaten Blora.

“Sebanyak 80 calon anggota  PPK itu menduduki rangking lima besar di tiap kecamatan, rencana akhir Februari 2020 mereka akan kami lantik,” jelas Ketua KPU setempat, Mohamad Khamdun.

Dijelaskan Khamdun, lima orang yang menempati peringkat 1-5 adalah calon anggota PPK terpilih, sedangkan lima orang lagi (peringkat 6-10) di masing-masing kecamatan sebagai penganti antar waktu (PAW).

Maka dengan keluarnya pengumuman hasil seleksi wawancara calon anggota PPK tersebut, KPU memberi kesempatan kepada masyarakat untuk memberi masukan dan tanggapan terhadap nama-nama calon anggota PPK tersebut.

Masukan dan tanggapan, lanjut Khamdun, bisa disampaikan secara tertulis disertai foto kopi indentitas yang jelas kepada KPU, dengan tenggat waktu pada 15-21 Februari 2020.

Fair dan Transparan

Diperoleh informasi, pengumuman calon anggota PPK terpilih dikeluarkan KPU pada Sabtu dini hari melalui website dan grup-grup WhatsApp (WA), disusul pengumuman tertulis di kantor KPU Blora dan lokasi lainnya.

“KPU cukup fair dan transparan dalam merekrut lembaga ad hoc PPK, diumumkan pertahapan, ini rekrutmen yang bagus,” tandas Seno Margo Utomo, pengaman masalah sosial dan birokrasi di Blora.

Mantan anggota DPRD menilai KPU fair dan transparan, ketika mencatat ada yang pengalaman di kepemiluan, beberapa diantaranya mantan anggota Panwaslu dan lulus menjadi calon anggota PPK.

“KPU bagus dalam rekrutmen badan ad hoc, hasil diumumkan pertahapan, nilai diumukan terbuka, dan memberi ruang tanggapan setiap tahapan,” kata Seno lagi.

Sebelumnya, sebanyak 172 dari 355 orang peserta seleksi tertulis calon anggota badan ad hoc  PPK Pilkada Blora 2020, dinyatakan lolos seleksi tahap wawancara oleh KPU Blora, Senin (3/2/2020).

Calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang lolos seleksi wawacara, adalah peraih nilai terbaik rangking 1-10 hasil seleksi tertulis yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blora, Kamis (30/1/2020).

Dijelaskan Divisi Tehnik dan Penyelenggaraan KPU setempat, Achmad Husain, jika diambil hanya 10 besar terbaik dari 16 kecamatan, memang hanya 160 orang yang lolos seleksi wawancara.

Namun dalam kenyataannya, lanjut Husain, ada peserta dari beberapa kecamatan yang meraih nilai sama pada peringkat 10 besar, yakni dari Kecamatan Cepu, Kedungtuban, Kradenan, Jiken, Jepon, Tunjungan, Ngawen dan Kunduran.

Wahono-trs

Daftar Nama Hasil Seleksi Wawancara Calon Anggota PPK Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Blora Tahun 2020 Di KPU Kabupaten Blora

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here