Bagikan
Ratusan Siswa SMKN 1 Ikuti Latihan Ketarunaan
Para siswa diminta untuk bersemangat saat berlatih menyanyi dalam latihan ketarunaan ini. Foto : Hana Eswe.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Derap langkah ratusan peserta latihan baris-berbaris terdengar serempak di kompleks Taman Kuliner Purwodadi, Kamis (13/2/2020). Tidak hanya itu, mereka juga menyanyikan sebuah lagu secara kompal dibawah pimpinan Pelda Mintoyo, anggota Koramil Purwodadi.

Para peserta ini merupakan pasukan kompi satu yang diisi para siswa dari SMKN 1 Purwodadi. Mereka termasuk anggota yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler ketarunaan.

Dalam kegiatan ini, para peserta dibimbing personel TNI dari Koramil Purwodadi dan Kodim 0717/Purwodadi. Mereka dilatih berbagai hal tentang taruna. Salah satunya adalah melatih
baris berbaris dan semangat berbicara lantang serta bersikap siap sedia dan tegas.

“Kalian kalau menyanyi jangan datar, ya. Jadi, menyanyilah dengan semangat, disesuaikan dengan nada dan suaranya keras,” kata Peltu Mintoyo, saat melatih para peserta untuk
bernyanyi.

Ikut dalam kegiatan ini yakni guru pendamping yang disebut Komandan Kompi. Irsan Fuady, merupakan komandan kompi 1, yang mendampingi para peserta latihan.

“Ada 568 peserta yang ikut kegiatan ini. Mereka dibagi ke dalam satu batalion yang berisi sepuluh kompi. Satu kompi diikuti empat kelas. Semua pesertanya ini kelas sepuluh,” ujar Irsan.

Dikatakan Irsan, mereka berlatih empat kali dalam seminggu.
“Setiap kompi latihannya sudah dijadwalkan. Latihannya sendiri-sendiri dan jadwalnya Senin-Kamis, setiap pagi dan sore, sehingga tidak mengganggu proses belajar mengajar,” ungkap
Irsan.

Sementara itu, Dandim 0717/Purwodadi, Letkol Inf Asman Mokoginta, menanggapi positif kegiatan ketarunaan yang diikuti para siswa SMKN 1 Purwodadi.

“Harapannya, anak-anak kita ke depan memiliki ketakwaan yang baik, berkepribadian, berdisiplin, berkarakter dan cinta tanah air. Selain itu, mereka juga diharapkan agar memiliki sikap toleransi, tidak terpengaruh pergaulan bebas dan penyalahgunaan narkoba,” ujar Dandim, saat dikonfirmasi.

Hana Eswe-Wahyu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here