blank
DITEMBAKKAN : Sebuah roket sedang ditembakkan ke target yang dituju. Antara

KIRKUK (SUARABARU.ID)– Sebuah roket menggempur pangkalan AS di Irak utara tanpa menimbulkan korban, demikian pasukan keamanan Irak pada Kamis.

Pangkalan K1 di dekat kota Kirkuk, menjadi lokasi tewasnya kontraktor AS pada Desember lalu dalam serangan serupa, di mana Washington menuding milisi dukungan Iran atas serangan tersebut.

Wartawan Reuters menyebutkan pesawat tempur AS berpencar dan menjulang di atas kepala tak lama setelah serangan pada Kamis. Tak ada pihak yang bertanggung jawab atas serangan roket tersebut.

Serangan Desember yang disusul oleh ofensif balasan AS yang menewaskan sekitar puluhan milisi dan serbuan massa terhadap Kedutaan Besar AS di Baghdad serta pembunuhan jenderal besar Iran Qassem Soleimani dalam serangan pesawat nirawak AS di Baghdad, merupakan serangkaian peristiwa yang membuat kawasan tersebut penuh dengan konflik.

Pengikut Soleimani dan pemimpin paramiliter Irak Abu Mahdi al-Muhandis, yang terbunuh dalam serangan yang sama, pekan ini memperingati 40 hari sejak kematian pemimpin mereka dengan mengadakan upacara di Baghdad.

Ant/Muha