Bagikan
Kapolres AKBP Christian Tobing (membungkuk kiri) mengamati proses dan hasil tes urine anggota. Ikut mendampingi Kasi Propam Iptu Supardi (mengenakan baret).

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Kasipropam Iptu Supardi SH beserta anggota Provos dan Paminal Polres Wonogiri, menggelar kegiatan Gaktibplin (Penegakan Ketertiban dan Disiplin). Tim Gaktibplin memeriksa kelengkapan dokumen surat-surat kendaraan bermotor, dan disiplin pemakaian atribut seragam dinas kepolisian. Bersamaan itu, juga digelar tes urine bagi anggota.

Pelaksanaan Gaktibplin dilakukan dengan mengadakan razia di depan gerbang masuk Mapolres Wonogiri. Diteruskan pemeriksaan di halaman Mapolres yang melibatkan langsung Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing. Semua anggota termasuk Pejabat Utama (PJU) menjalani pemeriksaan Gaktibplin. Yakni pemeriksaan terhadap kelengkapan surat-surat kendaraan, kelengkapan pisik kendaraan, disiplin pemakaian sabuk pengaman, dan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB)-nya.

Kasi Propam Polres Wonogiri Iptu Supardi, melakukan pemeriksaan kelengkapan surat kendaraan. Ini dilakukan ketika Polres menggelar razia dalam pelaksanaan Gaktibplin.
Kasubag Humas Polres Wonogiri Iptu Suwondo dan Paur Subag Humas Aipda Iwan Sumarsono, menyatakan, Tim Gaktibplin tidak menemukan pelanggaran yang menonjol. Hanya saja, sempat mendapati temuan ada anggota lalai tidak menggunakan sabuk pengaman ketika mengemudikan mobil. Kepadanya langsung diperintahkan untuk mengenakannya, dan diperingatkan agar tidak lalai lagi setiap mengemudikan mobil.
 
Kaos Kaki
Pada bagian lain, ketika menemukan ada anggota yang diketahui memakai kaos kaki bergambar, kepadanya dihukum untuk melakukan push up, dan diperintahkan untuk membeli kaos kaki baru sesuai aturan di kedai Primkoppol Polres wonogiri. Bersamaan itu, dipimpin langsung Kapolres AKBP Christian Tobing SIK, MH, MSi, dilakukan pula pemeriksaan mendadak dengan menggelar tes urine. Seluruh PJU beserta para Kapolsek dan semua anggota Polres, wajib menjalani tes urine.
Dalam pelaksanaan Gaktibplin, Kapolres AKBP Christian Tobing (kanan) ikut terlibat langsung melakukan pemeriksaan identitas dan kelengkapan surat anggota.

Kapolres menyatakan, tes urine kali ini dilaksanakan bersamaan dengan berlangsungnya Operasi Antik Candi 2020. Yakni operasi kepolisian dengan sasaran peredaran dan penyalahgunaan narkoba. Operasi Antik Candi 2020 ini, berlangsung selama 20 hari terhitung mulai Tanggal 10 Februasi 2020.

 

Bambang Pur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here