blank
Kepala UPT Perpustakaan USM Khoirudin MEng foto bersama pemenang pengunjung dan peminjaman buku terbanyak di Perpustakaan

SEMARANG(SUARABARU.ID)– UPT PERPUSTAKAAN Universitas Semarang (USM) menyelenggarakan kegiatan seminar yang bertemakan “Scholarship Destination Belajar dari Belahan Dunia: Tips Mudah Meraih Beasiswa Luar Negeri” di Auditorium Ir Wijadmoko USM (12/2/2020).

Menurut ketua Panitia Agung Budiyanto, S.Hum Seminar ini dihadiri oleh 360 orang peserta yang terdiri dari mahasiswa dan pelajar. “seminar ini alhamdulillah dihadiri oleh 360 peseta yang terdiri dari mahasiswa dan pelajar SMA sederajat”,ungkapnya

Agung Budiyanto, S.Hum menambahkan bahwa tujuan diadakannya seminar ini adalah untuk memberikan informasi beasiswa, membentuk mahasiswa agar mengetahui syarat-syarat agar mendapatkan beasiswa, serta sebagai promosi perpustakaan dan pengumuman bagi pengunjung dan peminjam buku terbanyak.

“tujuan diadakannya seminar ini adalah memberikan informasi kepada mahasiswa mengenai syarat beasiswa yang baik yang berskala nasional atau internasional, dan sebagai ajang promosi perpustakaan dengan pemberian penghargaan bagi pengunjung dan peminjam buku terbanyak selama tahun 2019, semoga dengan adanya penghargaan ini diharapkan minat kunjung ke perpustakaan semakin meningkat” tandasnya.

Dalam sambutannya ketua panitia Khoirudin, S.Kom memberikan apresiasi terhadap mahasiswa yang sering berkunjung ke perpustakaan “saya mengapresiasikan kepada mahasiswa yang sering berkunjung ke perpustakaan. ayo keperpustakaan, ayo membaca, ayo lulus”ungkapnya.

Dalam akhir sambutannya Khoirudin, S.Kom memberikan motivasi kepada seluruh mahasiswa agar jangan takut dalam mencari beasiswa walaupun belum terlalu mahir berbahasa Inggris “Banyak orang yang berpikir bahwa beasiswa ke luar negeri itu harus menguasai bahasa inggris, padahal masih banyak yang tidak menggunakan bahasa inggris atau bahasa inggrisnya pas-pasan, yang penting itu mentalnya jika gagal maka coba lagi ”ungkapnya sambil memotivasi

Prof.Hardhani Widyastuti MM Psikolog selaku Wakil Rektor 1 USM dalam sambutannya memotivasi para peseta agar memiliki cita-cita dan suka untuk membaca

“Keberhasilan itu ditentuka oleh cita-cita dan jalan pikirkan kalian dan biar tidak ketinggalan zaman kalian harus memiliki cita-cita dan harus suka membaca,”ungkapnya.

Sementara narasumber Nail Fadhly, S.Sos.,M.A tips utama untuk mendapatkan beasiswa di luar Negeri adalah tujuan negara yang akan dituju, berusaha dan berdoa, Menulis Esay, jawaban saat wawancara.

Nail Fadhly, S.Sos.,M.A menambahkan bahwa yang layak mendapatkan beasiswa itu adalah orang yang giat berusaha dan memiliki tekad yang kuat.

“Orang yang pintar belum tentu akan mendapatkan beasiswa tapi orang yang mau usaha dan punya tekad yang kuat yang menurut saya layak untuk mendapatkan beasiswa” ungkapnya.

Dalam seminar ini juga diumumkan pengunjung perpustakaan terbanyak dan peminjam buku terbanyak selama tahun 2019 yaitu pemenang pertama Suadul Malihah dari fakultas ekonomi, pemenang kedua Wulan Pratiwi fakultas Psikologi, pemenang ketiga Olivia Kurnia Agatha dari Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi.

USM-Wahyu