Bagikan
Sekda Kota Magelang Joko Budiyono (kanan) menyerahkan potongan tumpeng kepada Ketua Paguyuban PKL TVJ, Sugiyarto, (Bag Prokompim Pemkot Magelang)

MAGELANG (SUARABARU.ID)- Sekda Kota Magelang Joko Budiyono bangga dengan kondisi Pusat Kuliner Tuin Van Java (TVJ) saat ini yang sudah tertata rapi dan nyaman. Kondisi ini berbeda dengan beberapa tahun yang lalu yang hanya berupa bangunan semi permanen beratapkan tenda.

Rasa bangga itu diungkapkan Joko saat menghadiri hari ulang tahun (HUT) Ke-8 Pusat Kuliner TVJ di Alun-alun Kota Magelang, kemarin.
‘’Saya tidak menyangka, pedagang kaki lima (PKL) Tuin Van Java yang dulu kondisinya sangat sederhana, sering bocor, air meluber, kena angin, hujan masuk karena atapnya cuma emplek-emplek, sekarang bersih, tertata dan sangat nyaman,’’ ujar Joko.

Dia memang punya andil dalam penataan PKL di seluruh wilayah Kota Magelang, sehingga saat ini kota ini memiliki banyak pusat kuliner. Selain TVJ, pusat kuliner yang ramai pengunjung hampir setiap malam adalah Kartika Sari di depan Stadion Abu Bakrin Jalan Tidar, dan Pusat Kuliner Sejuta Bunga di Jalan Sudirman depan shopping center.

Ketika dilakukan penataan PKL, Joko menjabat Sekretaris Dinas Pengelola Pasar (DPP) selanjutnya beberapa waktu kemudian naik menjadi Kepala DPP. Dia dibantu staf terus menjalin komunikasi dengan para pedagang, sehingga akhirnya terbentuklah pusat-pusat kuliner.
Pada acara itu Joko bangga dengan kemegahan dan kreativitas penyelenggaraan HUT Ke-8 Pusat Kuliner TVJ dan meminta para pedagang tetap kompak dan guyup rukun.

‘’Selamat ulang tahun, semoga TVJ semakin dewasa, kompak, guyub, rukun dan besar usahanya. Saya juga berharap, paguyuban PKL bisa mendukung program Pemkot Magelang meningkatkan kunjungan wisata dengan tema Magelang Moncer Serius 2020,’’ pintanya.

Dia meminta PKL untuk tetap menjaga kualitas dan mutu produk kuliner yang dijual. Tak kalah penting adalah harga makanan dan minuman dijual secara wajar. ‘’TVJ terkenal PKL nya baik-baik, ramah-ramah dan tidak ‘nuthuk’. Saya harap ini bisa dipertahankan terus,’’ tegasnya.

Ketua Paguyuban PKL TVJ, Sugiyarto memberikan apresiasi tinggi kepada Pemkot Magelang. Terlebih kepada Joko Budiyono yang terkenal dengan gaya lapangannya ketika masih menjabat di DPP Kota Magelang.

‘’Terima kasih kepada Pak Sekda (Joko Budiyono) dan juga Pemkot Magelang. PKL kondisinya jadi maju ini adalah peran besar dari Bapak Wali (Walikota Magelang Sigit Widyonindito) beserta jajarannya,’’ ungkapnya.

Usai acara potong tumpeng, Paguyuban PKL TVJ memberikan penghargaan kepada Sekda Joko Budiyono. Penghargaan dari PKL itu diberikan karena peran dan keterlibatan dalam penataan maupun komunikasi Pemkot Magelang dengan PKL. (pro)

Editor : Doddy Ardjono

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here