Bagikan
Kepala MAN 1 Wonosobo Drs Warsam ketika menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba yang diikuti pelajar SMP/MTs se-Kabupaten Wonosobo. Foto : SuaraBaru.id/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Alumnus MAN 1 yang pernah menjadi Bupati Wonosobo selama dua periode Drs H Abdul Kholiq Arif MSi mengatakan pelajar milenial harus rajin baca buku dan menguasai tehnologi informasi agar ke depan jadi generasi yang cerdas dan sukses.

“Jika pelajar hari ini tidak suka baca dan menguasai tehnologi informasi pasti akan ketinggalan zaman. Aktifitas baca bisa bersumber dari buku, majalah, surat kabar dan internet. Banyak sekali sumber bacaan yang bisa dimanfaatkan,” tegasnya.

Penegasan tersebut disampaikan H Abdul Kholiq Arif ketika memberikan motivasi di hadapan siswa-siswi MAN 1 Wonosobo pada puncak acara “Hari Ulang Tahun (HUT) ke-42 MAN 1 Wonosobo,” di halaman madrasah setempat, Rabu (12/2).

Selain diisi motivasi, puncak HUT ke-42 MAN 1 Wonosobo, juga menghadirkan Hj Mar’atus Solehah SAg, alumnus MAN 1 angkatan 2003, yang saat ini jadi mubalighot kondang dan kerap mengisi pengajian akbar di berbagai tempat bahkan sampai luar negeri.

Dalam ceramahnya, Hj Mar’atus Solehah mengajak generasi muda yang saat ini masih menuntut ilmu di MAN 1 Wonosobo untuk mencintai Rosululloh SAW. Nabi Muhammad SAW merupakan figur panutan bagi umat Islam yang harus diikuti ajarannya.

“Generasi muda yang mencintai Rosululloh senantiasa mensenandungkan sholawat Nabi Muhammad SAW. Anak muda juga harus gigih dalam menuntut ilmu. Karena ilmu yang didapat kini akan menentukan masa depan dan memberi manfaat bagi masyarakat,” katanya.

Penerimaan Hadiah

Salah satu alumni MAN 1 Wonosobo yang telah menjadi mubalighot kondang ketika mengisi pengajian akbar di halaman MAN 1 setempat. Foto : SuaraBaru.id/Muharno Zarka

Kepala MAN 1 Drs Warsam mengajak siswa-siswinya untuk selalu berada di garda terdepan dalam aktifitas sosial dan keagamaan di masyarakat. Sekolah di MAN itu berbeda dengan menuntut ilmu di tempat lain. Karena ada muatan agama yang lebih banyak.

“Saat ini banyak sekali alumni MAN 1 Wonosobo yang telah berkiprah di masyarakat. Ada yang pernah jadi Bupati, ada yang pernah menjabat Ketua DPRD, anggota DPRD, ASN, TNI-Polri, banyak yang jadi Kepala Desa dan sukses sebagai pengusaha,” katanya.

Karena itu, harapnya, siswa-siswi MAN 1 Wonosobo yang saat ini masih sekolah, 30 tahun yang akan datang akan bergantian menjadi generasi penerus bagi generasi saat ini.

Dengan belajar yang tekun dan rajin berorganisasi, kelak pasti akan jadi orang sukses.

Drs H Sabar Al Imron dan Zaenal Ahmad S Ag, yang pernah menjabat sebagai anggota KPU dan Ketua KPU Wonosobo, yang didapuk mewakili alumni MAN 1 mengatakan ilmu yang diperoleh saat masih di MAN Wonosobo sangat bermanfaat bagi aktifitasnya kini.

Selain diisi pengajian umum oleh Hj Mar’atus Solehah dan motivasi dari alumni MAN 1 Wonosobo, puncak acara HUT ke-42 MAN Wonosobo, sejumlah pelajar dan sekolah yang meraih juara dalam berbagai perlombaan mendapat piala dan piagam penghargaan.

Penghargaan diberikan secara bergantian oleh Kepala MAN 1 Drs Warsam, Drs H Abdul Haq Dewan Penasehat Komite dan Ketua Komite MAN 1 Riyadi S Ag MM Pd. Pada kesempatan tersebut juga digelar lomba tumpeng yang diikuti seluruh kelas di MAN 1 Wonosobo.

Muharno Zarka-Wahyu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here