blank
Bencana tanah longsor terjadi di Dusun Mendak, Desa Kepuhsari, Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri. Merusak rumah Pandi, karena kelongsoran tanah dari tebing ambrol di sebelahnya.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Bencana tanah longsor, Minggu malam (2/2), terjadi di Dusun Mendak RT 1/RW 14, Desa Kepuhsari, Kecamatan Manyaran (40 Kilometer arah barat daya Kota Wonogiri). Menyebabkan sebuah rumah warga rusak, karena terkena longsoran material tanah yang melorot dari sisi tebing di sebelahnya.

Rumah warga yang rusak karena bencana tanah longsor tersebut, adalah milik Pandi (45). Tidak ada korban jiwa dalam bencana yang terjadi pada pukul 19.30 tersebut, karena penghuni rumah sempat mengamankan diri.

Kepada petugas, Pandi, menuturkan, sejak sore turun hujan deras. Limpahan air hujan meluap ke mana-mana, dan kemudian berdampak memicu terjadinya bencana tanah longsor. Bangunan talud penguat tebing pekarangan milik Warino (55) yang berada di sebelahnya ambrol. Material longsorannya melorot merusak dinding rumah Pandi.

blank
Jajaran Forkompincam terdiri atas Koramil, Polsek dan Kecamatan, memberikan arahan untuk tindakan darurat pasca-longsor di Dusun Mendak, Desa Kepuhsari, Kecamatan Manyaran, Wonogiri.

Danramil-11 Manyaran Kodim 0728 Wonogiri, Kapten (Inf) Agus Priyanto dan Kapolsek Iptu Abu Bakar Sidiq, serta Camat setempat Purwadi, Selasa (3/2), langsung memberikan arahan untuk tindak penanganan darurat pasca-longsor. Bersama pamong desa dan warga dilakukan kerja bakti menyingkirkan material longsoran, dan melakukan perbaikan dinding rumah yang rusak. Tujuannya, agar Pandi beserta anggota keluarganya, dapat bermukim kembali di rumahnya tanpa harus mengungsi.

Bambang Pur