blank
Wakil Wali Kota Windarti Agustina didampingi Sekda Joko Budiyono melepas balon saat membuka Popda Kota Magelang 2020, (Bag Prokompim Pemkot Magelang)

blankMAGELANG (SUARABARU.ID)- Pemkot Magelang  menggelar Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) tahun 2020. Sebanyak 2.758 atlet berkompetisi di 19 cabang olahraga (cabor) pada event tahunan tersebut. Para atlet merupakan pelajar SD, SMP dan SMA sederajat. Pertandingan akan berlangsung selama 14 hari, mulai 3-16 Februari 2020.

Wakil Wali Kota Magelang Windarti Agustina menyambut baik kegiatan ini. Karena dapat menjaring atlet pelajar berprestasi yang akan mewakili Kota Magelang pada event Popda tingkat eks Karesidenan Kedu yangn berlangsung di Kabupaten Wonosobo pada 24 – 28 Februari 2020, dan selanjutnya di tingkat Provinsi Jateng.

‘’Saya harap seluruh atlet dapat menjunjung sportivitas, dan diharapkan pula melalui kegiatan ini dapat meningkatkan prestasi olahraga Kota Magelang,’’  kata Windarti saat membuka Popda SD, SMP dan SMA sederajat Kota Magelang di halaman Disporapar Jalan Gatot Subroto Kota Magelang, Senin (3/2).

Dia juga meminta kepada para perangkat pertandingan agar menjaga objektifitas, jujur dan adil dalam memimpin dan menilai pertandingan.

Kepala Disporapar Kota Magelang, Jarwadi mengemukakan, Popda tahun ini digelar di beberapa venue. Antara lain di Stadion Abu Bakrin, GOR Djarum, Aula SMAN 4, Lapangan Tenis Moncer Serius, halaman Disporapar, Lapangan Rindam IV Diponegoro, GOR Samapta, Stadion Moch Subroto. Juga di Kolam Renang Sukoco, Aula SMKN 1, Aula Kecamatan Magelang Tengah dan Balai RW IV Karet.

Adapun 19 cabor yang dipertandingkan antara lain atletik, bola voli, bola basket, bulutangkis, panahan, sepatu roda, taekwondo, pencak silat, karate, kempo, renang, sepak takraw, tenis lapangan, tenis meja, sepak bola, tarung derajat, gulat, tinju, dan judo.

Jarwadi menambahkan,  Popda Kota Magelang merupakan bentuk dukungan Pemkot Magelang untuk mewujudkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), serta menjadikan olahraga sebagai budaya serta wahana kompetisi olahraga pelajar di Kota Magelang.

‘’Popda Kota Magelang menjadi ajang seleksi untuk Popda tingkat Kedu dan provinsi. Selain iu, Popda juga sebagai langkah awal mencapai target 10 besar Porprov XVI tahun 2022,’’ tegasnya. (pro)

Editor : Doddy Ardjono