SAFETY RIDING: Para difabel mengikuti teknik zig-zag dengan kendaraan roda tiga yang mereka miliki, dalam pelatihan safety riding di Satpas SIM Polres Grobogan. Foto: Hana Eswe

GROBOGAN (SUARABARU.ID)– Satlantas Polres Grobogan, belum lama ini menggelar safety riding untuk kaum disabilitas. Sebanyak 25 orang mengikuti pelatihan yang ditujukan dalam rangka pembekalan penerbitan SIM D ini.

Kegiatan itu dilaksanakan di ruang pelayanan penerbitan SIM, Jalan Bhayangkara Purwodadi. Para petugas dari Bagian Urusan SIM Unit Regident memimpin jalannya pelatihan, yang dimulai pukul 14.00 WIB.

BACA JUGA : Anak Sungai Lusi Meluap, Puluhan Rumah Terendam Banjir

Dalam pelatihan ini, para penyandang disabilitas dibekali beragam keterampilan mengemudi, antara lain lintasan uji praktik dengan item teknik pengereman, zig-zag, teknik menghindar, berbalik arah dan teknik angka delapan.

Kasatlantas Polres Grobogan, AKP Muchammad Yogi menerangkan, selain dilaksanakan pelatihan juga diadakan uji keterampilan teori, dengan materi pemahaman dasar Undang-undang No 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, serta etika berkendara pada ruang pencerahan dan ujian Teori AVIS.

Menurut AKP Yogi, sapaan akrabnya, jumlah penyandang difabel yang mengendarai motor beroda tiga sebenarnya cukup banyak di Grobogan. Tidak menutup kemungkinan, mayoritas peyandang difabel yang mengendarai motor dulunya adalah warga normal yang memiliki SIM C.

Pihaknya mengimbau kepada penyandang difabel, agar memiliki SIM sesuai dengan golongan mereka. Menurutnya, hal itu demi keselamatan dan tata tertib berlalu lintas bagi pengendara motor itu sendiri. ”Semoga apa yang kami lakukan ini membawa manfaat bagi masyarakat difabel, dan menjadikan keselamatan sebagai prioritas berkendara,” pungkas dia.

Hana Eswe-Riyan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini