Bagikan
Wali Kota Sigit Widyonindito bersama Wakil Wali Kota Windarti Agustina dan Sekda Joko Budiyono (kanan) foto di jendela ukuran besar di bangunan peninggalan Belanda yang kinmi digunakan Kantor Disporapar. (Bag Prokompim Pemkot Magelang)

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Magelang menempati kantor baru di Jalan Diponegoro 33, Kelurahan Cacaban, Kecamatan Magelang Tengah. Sebelumnya instansi ini berkantor di Jalan Gatot Subroto.

Kantor baru Disporapar ini merupakan bangunan kuna peninggalan zaman Belanda. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang telah mengusulkan bangunan tersebut sebagai cagar budaya.

Wali Kota Magelang, Sigit Widyonindito menerangkan,  sebelum diperbaiki untuk Kantor Disporapar, pemkot telah berkoordinasi dengan pihak ketiga supaya tetap mempertahankan bentuk bangunan agar tetap terjaga keasliannya.

‘’Sudah kami lakukan sebelum direahab. Kami pemerintah taat dan patuh, bentuknya tidak kami ubah,’’ terangnya.

Namun  ada beberapa bagian bangunan yang harus diganti lantaran sudah lapuk termakan usia.

‘’Kalau ada konstruksi yang mengkhawatirkan kami ganti. Tapi bentuk aslinya kami pertahankan. Termasuk atap diganti, karena usianya sudah puluhan tahun dan bocor,’’ ungkapnya.

Setelah menempati kantor baru, Sigit meminta jajaran Disporapar untuk lebih optimal dalam bekerja dan melayani masyarakat. Setidaknya ada tiga hal strategis yang harus dioptimalkan, yakni kepemudaan, olahraga dan pariwisata.

Kepala Disporapar, Jarwadi menjelaskan rehab Kantor Disporapar dimulai 19 Juli 2019 dan selesai 24 Desember 2019. Yang masih dipertahankan keasliannya adalah yakni bagian lantai, dinding, pintu dan jendela.

‘’Ada bangunan lama yang kita pertahankan, hanya diganti atapnya saja. Untuk lantai, dinding, pintu hanya dipermak, dicat saja agar lebih artistik,’’ ujarnya.

Karena kebutuhan kantor pemerintahan, lahan di sampingnya ditambah bangunan baru. Selain itu, ada pula ram untuk pengguna kursi roda atau penyandang disabilitas.
Di kantor baru itu berkantor tiga bidang. Yaitu bidang pemuda, olahraga dan pariwisata. Selain itu, ada pula ruang rapat di lantai 1 dan aula di lantai 2.

Selain itu, gedung ini nantinya dilengkapi fungsi pelayanan. Di bagian depan terdapat Tourism Information Center (TIC). Setiap wisatawan dapat mengakses info wisata di Kota Magelang.

Tasyakuran penempatan kantor baru dengan memotong tumpeng dan pengguntingan roncean melati. Hadir Wakil Wali Kota Magelang Windarti Agustina, Sekretaris Daerah Joko Budiyono, sejumlah Kepala OPD, Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), praktisi wisata dan tokoh masyarakat. (por)

Editor : Doddy Ardjono

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here