blank
Sejumlah peserta try out tes CPNS yang digelar PGRI Wonosobo dan Jawa Tengah siap mengerjakan soal di Gedung IPHI Mendolo Bumireso Wonosobo. Foto : SuaraBaru.id/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-PGRI Wonosobo bekerjasama dengan PGRI Jawa Tengah dan Indonesia College Semarang, Sabtu (1/2), menggelar try out bagi peserta test CPNS 2020 di dua tempat, Gedung IPHI Mendolo Bumireso dan Gedung PGRI Sidojoyo Wonosobo.

Try out dilakukan di dua tempat yang berbeda dan dalam waktu yang sama karena jumlah peserta mencapai 786 orang. Peserta berasal dari 15 kecamatan yang ada di Kabupaten Wonosobo. Setiap peserta try out mengerjakan soal 100 dengan waktu 90 menit.

Ketua PGRI Wonosobo Suratman S Pd MPd mengapresiasi Pemkab Wonosobo yang telah membuka formasi untuk tenaga pendidik lebih banyak dari tenaga kesehatan dan tehnis lainnya.

Karena kebutuhan guru ASN cukup tinggi dan kekurangannya mencapai 50 persen.

“Try out test CPNS ini merupakan bentuk kepedulian PGRI Wonosobo dan PGRI Jawa Tengah.

Karena peserta test sebagian sudah mengabdi sebagai guru di sekolah negeri dan swasta maupun bekerja di instansi lain, tidak sempat untuk belajar sendiri,” tegasnya.

Karena itu, tambahnya, PGRI Wonosobo menggandeng PGRI Jawa Tengah dan Indonesia College Semarang, guna menjembatani peserta test CPNS 2020 untuk bisa latihan dan belajar bersama sebelum dilakukan test CPNS yang sesungguhnya dalam waktu dekat.

“Melalui try out ini, saya harapkan peserta test CPNS mengetahui strategi mengerjakan soal yang cepat dan tepat sehingga bisa lulus passing grade yang telah ditentukan.

Mudah-mudahan sebagian besar peserta try out bisa lolos seleksi CPNS,” doanya.

Pembahasan Soal

blank
Suratman S Pd MPd, Ketua PGRI Kabupaten Wonosobo. Foto : SuaraBaru.id/Muharno Zarka

Sekretaris PGRI Wonosobo Mukhlas mengatakan dalam try out kali ini peserta tidak hanya diminta latihan mengerjakan soal, tapi juga disertai pembahasan soal dan jawaban yang tepat serta strategi untuk bisa mengerjakan soal test CPNS secara benar.

“Materi try out CPNS 2020 meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 30 soal dengan passing grade 65, Tes Intelegensi Umum (TIU) 35 soal passing grade 80 dan Tes Kepribadian (TKP) 35 soal dengan passing grade 126,” ujar Kepala SMP PGRI Wonosobo itu.

Pada pembahasan soal dan jawaban try out tes CPNS, peserta dipandu langsung tim dari Indonesia College Semarang dan Dr Saptono Nugrohadi MPd MSi (Wakil Sekretaris PGRI Jateng) dan Sholeh Amin SPd MPd (Ketua Biro Pengembangan Karir PGRI Jateng).

Try out tes CPNS tahun ini, PGRI Wonosobo juga mendapat suport dari Bank Jateng Cabang Wonosobo. Pimpinan Cabang Bank Jateng setempat Dwi Andi Setyawan dan mantan Ketua PGRI Mustangin S Pd M Pd turut hadir memberikan dukungan dan doa kepada peserta try out.

Ketua Biro Pengembangan Karir PGRI Jateng Sholeh Amin S Pd MPd memberikan trik dan tips untuk bisa mengerjakan soal tes CPNS secara cepat dan tepat. Meski try out dilakukan secara manual jumlah soal yang dikerjakan sama dengan sistem CAT CPNS.

Salah satu peserta try out, Septi Riani mengaku senang dan mengucapkan terima kasih kepada PGRI Wonosobo dan Jawa Tengah yang telah memfasilitasi peserta untuk mengikuti kegiatan tersebut. Karena banyak pengetahuan baru yang di dapat dari try out tes CPNS.

Muharno Zarka -Wahyu