blank
Menteri KKP Edhy Prabowo saat mengunjungi pembenihan rajungan. ( Foto : Uut )

JEPARA ( SAUARABARU.ID) – Potensi budi daya udang jerbung, dan kepiting atau rajungan di Kabupaten Jepara sangat besar. Sebab satu ekor udang jerbung mampu menghasilkan sekitar 50 ribu anakan baru. Sedang satu indukan rajungan, bisa menghasilkan kira-kira 80 ribu benih.

Hel tersebut diungkapkan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo saat mengunjungi Balai Besar Perikanan Budi Daya Air Payau (BBPBAP) Jepara, Kamis (30/1/2020). Oleh sebab itu program Kementerian Kelautan dan Perikanan kedepan adalah memperbanyak indukan semua jenis,” ujar Edhy.

Pada kunjungan ini Menteri KKP didampingi Wagub Jateng Taj Yasin dan Forkopimda Jepara. Rombongan meninjau tambak udang jerbung BBPBAP Jepara.

blank
Menteri KKP saat berada di unit pembenihan udang. (Foto : Uut )

Pada kunjungan ini Menteri KKP juga meninjau lokasi pembenihan udang dan kepiting. Selanjutnya menggelar dialog bersama para pemangku kepentingan, dengan pembudi daya ikan, dan pelajar.

Pada dialog Menteri KKP berharap, produksi yang dihasilkan dari Jepara, mampu memenuhi kebutuhan pasar dan nelayan. Dengan demikian dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Salah satunya dengan membantu kebutuhan budi daya masyarakat itu sendiri. “Makanya di sini peran negara kita perbanyak benihnya, serahkan mereka untuk budi dayanya. Bila perlu semua gratis, yang penting mereka bisa berusaha,” tutur dia.

Ke depan dirinya meminta, salah satu program skala prioritas kementeriannya, untuk lebih mengarah kepada memperbanyak benih dan indukan. Selain juga mencukupi fasilitas di dalamnya, sehingga benih-benih ini dapat sampai ke tambak-tambak.

Pemkab Jepara pun menyambut baik dan mendukung penuh wacana pemerintah pusat tersebut. Diaku Plt. Bupati Jepara Dian Kristiandi, para petani tambak khusus yang ada di Jepara masih menyimpan keraguan akan budi daya udang. “Kami masyarakat Jepara mohon, agar ada dorongan semangat kepada petani tambak, agar memiliki daya saing,” ujar Dian Kristiandi.

blank
Menteri KKP bersama para penerima bantuan bibit udang dan rajungan (Foto: Uut)

Sementara Wagub Jateng Taj Yasin secara khusus memberikan apresiasi bagi Kabupaten Jepara. Selain Jepara, Pemalang dan Brebes dinilai telah mampu membudidayakan udang jerbung.

Dikatakan Taj Yasin, jumlah komoditas udang dari Jateng pada tahun 2018 ada sebanyak 510.324 ton. Untuk itu ia berharap sektor ini, dapat terus didorong dan dikembangkan bersama-sama. Sehingga kesejahteraan rakyat semakin meningkat.

Pada kesempatan ini turut diberikan bantuan kepada pembudi daya ikan dari KKP, dengan total senilai Rp96,3 juta. Bantuan tersebut di antaranya 100 ribu benih udang vaname, 400 ribu benih udang windu, 250 ribu beih rajungan, dan 6 ton pakan ikan mandiri.

Hadi Priyanto-Wahyu