blank
Serda Dwi Raharjo (kedua dari kiri) menyalami sepuluh orang muslim dari Bangladesh yang melakukan kunjungan silaturahmi ke Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Sepuluh orang muslim dari Bangladesh, melakukan silaturahmi ke Wonogiri. Mereka mendatangi dan bermalam di Masjid AR Rohim di Dusun Mlangse Lor, Desa Tubokarto, Kecamatan Pracimantoro (40 Kilometer arah barat daya Kota Wonogiri).

Kesepuluh muslim Bangladesh tersebut terdiri atas FM Fazlul Haque dengan nomor paspor V6B652904, MD Sohel Rana (VB652901). MD Nurul Islam (V6B652905), Abdul Hakim (V6B652902), MD Korban Ali (VB652897). Berikut MD Nowshad Ali (V6B552898), MD Ali Akbar Khan (V6B652899), MD Asharul Islam (V6B65290), MD Abdur Rahim (V6B652896) dan Muhamad Mamrul Islam (V6B652903).

Selama tinggal di Kabupaten Wonogiri, mereka didampingi juru bahasa, Munawar. Kepada anggota Koramil-13 Pracimantoro Kodim 0728 Wonogiri, Serda Dwi Raharjo, Munawar, menjelaskan, kedatangan sepuluh muslim asal Bangladesh ini, dalam rangka menjalin tali saliturahmi dengan sesama umat muslim Indonesia, utamanya yang berada di Kabupaten Wonogiri.

blank
Bersama umat Islam Pracimantoro, Wonogiri, kesepuluh orang muslim dari Bangladesh, mengadakan kultum kajian pendalaman Al Quran.

Jalinan Persatuan

Melalui silatuirahmi ini, mereka berupaya membangun ukhuwah Islamiyah, yakni hubungan persaudaraan sesama umat Islam, yang dilandasi dengan rasa cinta dalam akidah persahabatan. Berkaitan ini, mereka mengajak agar sesama muslim, untuk berupaya meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT. ”Tidak ada maksud dan tujuan lain, kecuali untuk misi silaturahim serta memperkuat jalinan persatuan sebagai umat muslim,” jelas Munawar.

Warga muslim Bangladesh tersebut, setiap selesai menjalankan ibadah salat lima waktu di masjid, kemudian melanjutkannya dengan acara keagamaan dengan menggelar kuliah tujuh menit (Kultum), untuk membahas dan melakukan kajian pendalaman terhadap Al Quran, yang diterjemahkan oleh pendampingnya, Munawar.

Selama tinggal di Kecamatan Pracimantoro, Wonogiri, mereka juga melakukan silaturahim ke rumah warga, dengan didampingi oleh tokoh muslim setempat. Munawar, menjelaskan, kesepuluh muslim Bangladesh tersebut, berusaha tinggal di wilayah Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri, terhitung mulai Sabtu Tanggal 25 Januari sampai dengan Selasa Tanggal 28 Januari 2020 mendatang.

Setelah di Kecamatan Pracimantoro, mereka akan melanjutkan kegiatan yang sama ke wilayah Kecamatan Giritontro, Kabupaten Wonogiri. Juga dengan maksud yang sama, yakni untuk menjalin tali silaturahmi dengan Umat Islam di Giritontro.

Bambang Pur