blank
 Kapolres Blora, AKBP Antonius Anang SIK, MH, mengecek gedung baru Satpas SIM modern prototipe yang di dalamnya dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang. Foto : SB/Wahono

BLORA (SUARABARU.ID) – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Kepolisian Resor (Polres) Blora, Jawa Tegah, Senin (27/1/2020) besok, mulai menempati gedung baru dalam melayani administrasi Surat Izin Mengemudi (SIM).

Gedung Pelayanan Satuan Penyelenggara Administrasi atau Satpas SIM baru itu, berada di jalan Agil Kusumodiyo, kawasan eks lapangan Bhayangkar, kota sate.

Kapolres Blora AKBP Antonius Anang, menjelaskan gedung pelayanan satpas SIM baru tesebut, salah satu sarana pendukung zona Integritas menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM) di Polres Blora.

blank
Prosesi menempati gedung baru Satpas SIM Polres Blora, ditandai prosesi tasyakuran potong tumpeng, dan doa bersama masyarakat sekitar, Sabtu malam (25/1/2020). Foto : Wahono

“Kami akan terus tingkatkan pelayanan publik, sehingga masyarakat lebih nyaman dan terlayani dengan baik,” beber Kapolres Blora saat tasyakuran menempati gedung baru Satpas SIM.

Dengan fasilitas ini, harapnya, Satlantas Polres Blora dapat memberikan pelayanan lebih maksimal dan menjadikan pengurusan SIM lebih mudah dan cepat.  “Ada perbedaan signifikan dari gedung Satpas baru dengan yang lama, semua ini untuk masyarakat,” tambah AKBP Anang.

Salah satunya, kata Kapolres Blora, mulai dari luas gedung baru yang jauh lebih besar dari gedung lama, dan peralatan juga lebih lengkap dan modern.

Traffic Simulator

Dari fasilitas tersebut tentunya bisa mendukung pelayanan masyarakat terlayani lebih nyaman, proses dan waktu pembuatan SIM bisa lebih pendek. Sementara itu Kasatlantas Polres Blora, AKP Dodiawan, menambahkan, Satpas Prototipe ini sudah memenuhi standar pelayanan berdasar ketentuan dari Kemenpan RB, sehingga sangat bermanfaat untuk pemohon SIM.

“Banyak fasilitas modern yang disediakan, semua ini untuk melayani dan memberi kemudahan pada masyarakat,” katanya.

Fasilitas itu antara lain tempat ujian teori yang menggunakan komputer dengan sistem Avis dan dilengkapi traffic simulator, dan didukung dengan lapangan uji praktik yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Selain fasilitas ujian dan praktik, gedung Satpas SIM tersebut juga ditunjang dengan pelayanan pendukung lainnya, seperti ruang bermain anak anak, ruang menyusui serta toilet yang langsung berada dalam ruang tunggu.

“Kami ingin memberi pelayanan yang lebih baik lagi, cepat agar masyarakat merasa puas,” tambah AKP Dodiawan.

Wahono-trs