blank
Wakil Wali Kota Magelang Windarti Agustina didampingi Sekda  Joko Budiyono bersepeda keliling Kompleks Gelora Sanden, Kota Magelang dengan menggunakan sepeda lipat. Foto: Yon

blankMAGELANG- Kota Magelang ditunjuk sebagai tempat penyelenggaraan  Jambore Sepeda Lipat Nasional ( Jamselinas) ke-10  yang akan dilaksanakan  pada  10 Oktober mendatang .

“Ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi Kota Magelang, karena Kota Magelang merupakan kota kecil pertama di Indonesia yang ditunjuk sebagai tuan rumah jamboree sepeda lipat nasional,” kata Ketua Ketua Panitia Jambore Sepeda Lipat Nasional,
Ariyanto  pada peluncuran  kegiatan Jambore Sepeda Lipat Nasional di GOR Samapta, komples Gelora Sanden, Kota Magelang, Minggu (26/1).

Ari mengatakan, sebelumnya pelaksanaan jamselinas dilaksanakan di kota-kota besar, seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Solo,Surabaya dan Palembang. Menurutnya, event tahunan yang rutin diselenggarakan sejak tahun 2011  tersebut bertujuan untuk mempertemukan para pecinta sepeda lipat di seluruh Indonesia.

Dan, pada tahun ini, Kota Magelang mendapatkan penghargaan sebagai tuan rumah penyelenggaraan kegiatan yang  pertama dilaksanakanoleh Komunitas Sepeda Lipat Indonesia (IdFB).

Ia mengatakan, selain sebagai ajang silaturahmi, jamselinas juga merupakan wadah untuk mengkampanyekan penggunaan sepeda -terutama sepeda lipat- sebagai alat transportasi yang sehat dan ramah lingkungan.

“Secara kebetulan pada tahun ini Kota Magelang mempunyai program kegiatan  tahun kunjungan wisata “Magelang Moncer Serius (Moderen, Cerdas, Sejahtera dan Serius). Sehingga diharapkan dapat menyukseskan kegiatan tersebut,” katanya.

Ariyanto menjelaskan, pihaknya menargetkan peserta jamselinas tersebut bisa mencapai di angka 2020 orang dari berbagai daerah se-Indonesia. Selain itu, ada beberapa pesepeda lipat dari Malaysia dan Singapura juga sudah menyatakan keinginannya untuk ikut serta.

Menurutnya, dalam kegiatan tersebut pihaknya akan mengajak para peserta untuk bersepeda di wilayah Kota dan Kabupaten Magelang dengan menempuh jarak sekitar 50 kilometer. Selain itu, para peserta juga akan diajak keliling ke tempat-tempat wisata baik yang ada di Kota maupun Kabupaten Magelang.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Magelang Windarti Agustina mengatakan, Pemkot Magelang menyambut baik  rencana kegiatan tersebut. Menurutnya, kegiatan tersebut mempunyai  nilai yang positif bagi Kota Magelang, yakni mendukung program tahun kunjungan wisata “Magelang Moncer Serius” dan diharapkan bisa meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di Kota Magelang.

“Selain itu, kami berharap para peserta bisa menginap di penginapan yang ada di Magelang, sehingga selain meningkatkan jumlah wisatawan dan juga memperpanjang lama wisatawan yang akan meningkatkan perekonomian masyarakat Magelang, “ ujarnya didampingi Sekda Kota Magelang, Joko Budiyono.

Windarti mengatakan,  diharapkan para pesepeda lipat  dari berbagai daerah tersebut bisa diajak keliling kota mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada, baik wisata sejarah, wisata budaya, wisata kuliner dan lainnya.

“Di Kota Magelang ini, banyak tempat-tempat wisata yang sudah disiapkan oleh masyarakat, seperti Kampung Warna-Warni, Kampung Dolanan, bangunan bersejarah dan makanan khas yang melegenda,’ ujarnya.

Yon-trs