blank
Plt Bupati Jepara bersama para penerima penghargaan.

JEPARA(SUARABARU.ID) – SD Negeri 3 Tubanan, Kecamatan Kembang  berhasil meraih penghargaan Adiwiyata Sekolah Dasar  Tingkat  Nasional.

Sedangkan   Dukuh Petir, Desa Plajan Kecamatan Pakis Aji, Dukuh Putat Desa Sumanding Kecamatan Kembang,  dan Desa Klepu Kecamatan Keling berhasil mendapatkan penghargaan sebagai  Kampung Iklim.

Dalam  rangka memberikaan apresiasi terhadap pencapaian prestasi ini, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Jepara Dian Kristiandi telah menyerahkan sejumlah penghargaan.

Penyerahan penghargaan ini di dilakukan di ruang kerja Plt Bupati pada hari Rabu (22/01/2020). Disamping para penerima penghargaan acara ini juga dihadiri  perangkat daerah terkait.

Disamping memberikan bantuan berupa uang, Plt. Bupati juga memberikan bantuan bibit tanaman kepada sekolah dan desa yang mendapatkan penghargaan tersebut.

“Saya ucapkan selamat atas pencapaian  itu. Tetapi yang lebih utama adalah tindak lanjut dan kesinambungan  dari penghargaan tersebut,” ujar  Dian Kristiandi.

Menurut Dian Kristiandi,  sekolah Adiwiyata merupakan gelar yang diberikan kepada sekolah yang sudah melaksanakan program Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS).

“Sekolah juga harus menerapkan perilaku ramah lingkungan. Bukan saja disekolah tetapi  juga  dirumah. Program sekolah Adiwiyata adalah sarana edukatif, partisipatif dan berkelanjutan dalam menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah agar menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah akan tanggung jawab dalam upaya penyelamatan lingkungan,” ujar Dian Kristiandi.

Sementara program Kampung Iklim (Proklim) adalah program Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain untuk melakukan penguatan kapasitas terhadap  dampak perubahan iklim dan penurunan emisi gas dan efek rumah kaca.

“Kampung iklim harus sudah melaksanakan komponen utama yang terdiri dari adaptasi dan mitigasi terhadap perubahan iklim,” katanya.

Hadi Priyanto