blank
Jalan Pemuda Jepara, akan segera berubah semakin indah. ( Foto ; Kanal Budiarto )

JEPARA (SUARABARU.ID) – Untuk mendukung pengembangan Jepara sebagai daerah tujuan wisata, penataan  wajah kota terus dilakukan. Setelah penataan  jalan Kartini selesai dilakukan, tahun ini akan dikerjakan  penataan trotoar  jalan Pemuda Jepara dengan anggaran sebesar Rp. 36,7 miliar. Tujuannya di samping keindahan kota, juga untuk memberikan jalur  bagi pejalan kaki (pedestrian) atau yang lebih dikenal dengan citywalk.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas PUPR Kabupaten Jepara Ary Bachtiar tentang rencana penataan jalan  Pemuda Jepara  “Lebar jalan akan menjadi 14 meter dan saluran air akan ditutup dan dimanfaatkan untuk  trotoar.  Sedangkan panjang jalan yang akan dilebarkan 1.100 meter,” ujar Ary Bachtiar.

Dijelaskan lebih lanjut, di samping pematangan desain, saat  ini telah mulai dilakukan sosialisasi kepada warga yang ada di sepanjang jalan Pemuda.

Menurut Ary Bachtiar, pendestrian pada dasarnya adalah suatu area bagi pejalan kaki untuk melakukan aktivitas atau kegiatan lainnya. “Fungsinya sebagai ruang sirkulasi bagi pejalan kaki yang nyaman karena terpisah dari sirkulasi  kendaraan bermotor atau kendaraan lainnya. Disamping itu disejumlah titik akan ada tempat bagi anak-anak muda untuk berkumpul, utamanya pada malam hari,” paparnya.

Dijelaskan pula, selain pedestrian menambah keindahan kota, juga merupakan pemihakan pemerintah terhadap para pejalan kaki. “Pemerintah telah banyak membangun  fasilitas bagi pengendara kendaraan bermotor. Sudah saat Jepara memberikan juga fasilitas yang nyaman bagi para pejalan kaki,” ujar Ary Bachtiar. Pendestrian juga bisa menjadi ruang bagi terbangunnya interaksi sosial masyarakat.

Pembangunan pendistrian ini juga dimaksudkan untuk melakukan penataan saluran air  untuk mencegah terjadinya banjir.

Hadi Priyanto-trs