blank

SEMARANG(SUARABARU.ID)- Mahasiswa Sistem Informasi (SI) Universitas Semarang (USM) menyelenggarakan workshop dan expo kewirausahaan yang bertajuk Technobiss Exhibiton’Optimalisasi teknologi informasi melalui digital marketing di UMKM’ menggandeng pelaku UMKM Kecamatan Tembalang yakni Gerai kopi & ini di Aula kecamatan Tembalang, (18/1/2020).

Kegiatan tersebut merupakan bagian tugas mahasiswa untuk menyelesaikan tugas akhir mata kuliah Kewirausahaan dengan menggandeng pelaku UMKM serta untuk mengenalkan teknologi informasi kepada masyarakat yang menggeluti kewirausahaan agar menjadi lebih baik dan berkembang maju.

Menurut dosen mata kuliah kewirausahaan Edi Nurwahyu Julianto S Sos M Ikom ada 12 stand expo yang di pamerkan, menurutnya para mahasiswa di semester awal ditugaskan untuk mencari permasalahan di masyarakat sebagai pelaku UMKM dan mencari solusinya melalui promosi online maupun offline untuk memperlancar penjualan.

“Selama ini UMKM banyak sekali tidak melakukan pendataan keuangan, update barang yang diproduksi dan masih manual, dengan adanya aplikasi digital para pelaku UMKM bisa memantau perkembangan selama penjualan dan untuk evaluasi kedepannya,”ungkapnya.

Ditambahkan, kegiatan di Kecamatan Tembalang sudah terbentuk paguyuban UMKM pertama di kota Semarang dan sudah resmi sebagai projeknya dari pemerintah kota agar bisa memotivasi kecamatan lain dan mahasiswa bisa belajar langsung di lapangan persoalan yang dihadapi masyarakat sebagai latihan tentang kebutuhan yang apa diharapkan oleh konsumen ketika mahasiswa sudah bekerja nantinya.

Sementara itu, menurut Kasi Kesos Kecamatan Tembalang Angsori SE mendukung penuh dan peduli keberadaan UMKM di Tembalang sehinga terwujudnya kegiatan positif ini dan di dampingi mahasiswa USM secara langsung melalui workshop dan expo kewirausahaan.

“Semoga para mahasiswa dilancarkan dalam berkegiatan, dan ini sebagai bentuk amal karena mengandung nilai kebermanfaatan untuk pelaku UMKM di Kecamatan Tembalang”,tuturnya.

Disisi lain, Ketua Paguyuban UMKM Kecamata Tembalang Anisa SH mengatakan kegiatan ini sangat membaggakan sebagai upaya pendampingan para pelaku UMKM.

“Tanamkan pada diri kita untuk konumsi produk umkm dan bergerak bersama agar bisa tertular di lingkungan sekitar dan kesejahteraan masyarakat luas di Kecamatan Tembalang”,harapnya.

Selain expo, diisi materi oleh dosen USM Henny Indriyawati S Kom Mkom tentang cara meningkatkan strategi pemasaraan bisnis UMKM untuk membidik konsumen melalui teknologi informasi digital agar menjadi besar dan berkembang.

USM-Wahyu