blank
TANAM POHON: Dua petugas Satlantas Polres Grobogan saat bergotong royong menanam pohon. Foto: Hana Eswe

GROBOGAN (SUARABARU.ID)– Dalam rangka mengantisipasi adanya banjir di wilayah Kota Purwodadi, Satlantas Polres Grobogan mengadakan penanaman pohon. Kegiatan ini dipusatkan di bantaran sungai Perumahan Sambak, Rabu (16/1/2020).

Dalam kesempatan ini, petugas dibantu warga sekitar dan juga Babinsa setempat, melakukan penanaman pohon melalui program Satu Juta Pohon, yang digalakkan Polres Grobogan melalui
Satlantas Grobogan.

BACA JUGA : Keraton Agung Sejagat Ditutup, Warga Tak Dilarang Melihat

Kapolres Grobogan AKBP Ronny Tri melalui Kasatlantas, AKP Muchammad Yogi menjelaskan, penanaman pohon secara bersama ini ditujukan untuk melakukan penghijauan serta pencegahan bahaya longsor. Di samping itu juga, difungsikan untuk mengantisipasi adanya banjir serta abrasi tanah di sepanjang bantaran sungai sekitar perumahan itu.

”Tujuan penghijauan lingkungan ini dalam rangka menjaga kualitas oksigen demi kepentingan bersama yang bermanfaat,” kata AKP Yogi.

blank
KERJA SAMA: Saling bekerja sama dengan warga sekitar, untuk mewujudkan sinergitas. Foto: Hana Eswe

Sosialisasi
Selain melakukan penanaman pohon, kegiatan ini juga diselingi dengan sosialisasi tertib berlalulintas, serta program Polri tentang keikutsertaan kepolisian dalam menjaga ekosistem. Menurut AKP Yogi, sapaan akrabnya, program ini perlu digelorakan kepada masyarakat serta para pelajar, agar memiliki kemauan yang sama demi terciptanya lingkungan yang sehat dan nyaman.

Kegiatan ini pun juga diapresiasi masyarakat setempat. Hal itu terwakili dari pernyataan Ketua RW Perumahan Sambak, Purnomo. Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada jajaran Satlantas Polres Grobogan, yang ikut peduli dengan limgkungan Sambak ini.

”Dengan penghijauan kita bisa terhindar dari bahaya banjir, tanah longsor atau erosi. Intinya, jika kita sayangi alam kita, maka alam pun akan sayang kepada kita. Oleh karena itu, saya atas nama warga mengucapkan terima kasih pada Satlantas yang telah mengajak warga untuk peduli dengan lingkungan,” ujar Purnomo.

Hana Eswe/Riyan