blank
Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz didampingi para pejabat terkait memecah kendi pada mobil pelayanan Samsat Sabtu Sonten (SAMSON) di Mapolres Kebumen, Jumat 10/1 lalu. (Foto:Suarabaru.id/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Masyarakat yang curiga bila menjumpai kendaraan bermotor bermasalah, kini bisa langsung mengeceknya ke Polres Kebumen. Warga cukup datang  ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polres Kebumen yang terletak persis di gerbang masuk Mapolres, Jalan Tentara Pelajar.

Inovasi layanan komputer tersebut disediakan Sat Lantas Polres Kebumen. Bahkan warga bisa langsung mengecek dan mengetahui hasilnya saat itu. Komputer tersebut digunakan untuk umum dan telah diresmikan Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan pada Jumat (10/1) lalu.

Inovasi tersebut dinamakan “Cakeb”atau cek pajak on line kendaraan bermotor. Bila kendaraan yang dicurigai adalah hasil kejahatan, warga bisa mengecek statusnya di komputer yang telah disediakan, apakah terblokir atau tidak. Warga cukup menginput data Nomor Polisi (Nopol) Kendaraan di aplikasi  yang tersedia.

Kendaraan yang hilang dicuri, oleh pemiliknya yang selanjutnya dilaporkan ke polisi, akan dilakukan pemblokiran. Dari stasus itu warga bisa tahu status kendaraan yang dicurigai. Bahkan dari input data Nopol Kendaraan, warga bisa juga mengecek biaya pajak kendaraan yang harus dibayarkan di Samsat.

“Ini sangat memudahkan sekali bagi masyarakat. Siapa saja boleh menggunakan fasilitas di Polres ini,”jelas AKBP Rudy Cahya Kurniawan di sela launching “CAKEB” didampingi Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz dan Dandim 0709/Kebumen Letkol Kav MS Prawira Negara Matondang.

Pelayanan Sabtu Sonten

Pada kesempatan yang sama, SAMSAT Kebumen juga meresmikan  layanan SAMSON  atau Samsat Sabtu Sonten. SAMSON diresmikan langsung oleh Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz di Mapolres Kebumen, ditandai pemecahan kendi ke mobil SAMSON.

SAMSON adalah layanan pajak kendaraan on line yang dibuka khusus pada hari Sabtu sore atau malam Minggu. Masyarakat bisa mendatangi mobil SAMSON yang nantinya akan  standby di Alun-alun Kebumen saat liburan untuk mengurus pajak kendaraan.

Kepala Unit Pelayanan Pajak Daerah (UPPD) atau SAMSAT Kebumen Bambang Nurcahyo mengungkapkan, SAMSON sangat mempermudah warga yang ingin membayar  pajak dengan kesibukan yang tinggi.  Jam operasional layanan SAMSON dibuka mulai pukul 18.30 sampai 21.00.”Warga yang bekerja di luar daerah, dia hanya sempat  ada waktu hari Sabtu atau Minggu, kita layani dengan SAMSON ini,”jelas Bambang.

Komper Wardopo