blank
Ketua KONI Grobogan, Fathur Rachman. Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– KONI se-Pati Raya menyatakan diri siap menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2022. Hal itu dikemukakan Ketua KONI Grobogan, Fathur Rachman di Semarang, belum lama ini.

”Sejak awal pencalonan, kami KONI se-Pati Raya sudah menyatakan diri siap menjadi tuan rumah Porprov 2022,” kata Fatchurrahman, yang bertindak sebagai ketua tim pencalonan KONI-KONI Pati Raya itu. Pati Raya sendiri meliputi enam kabupaten, yakni Jepara, Pati, Kudus, Rembang, Blora dan Grobogan.

BACA JUGA : Direktur RSUD Tidar Diganti, Wali Kota Minta Dokter Tetap Bertugas Seperti Biasa

Keputusan Pati Raya menjadi tuan rumah sebenarnya sudah dilakukan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, saat menerima audiensi pengurus KONI Jateng, pada Selasa (31/12/2019) lalu.

Ketika itu, KONI Jateng lewat Ketua Tim Penjaringan Calon Tuan Rumah Bona Ventura Sulistiana melaporkan kepada Gubernur, ada empat calon tuan rumah yakni Kota Semarang, Solo Raya, Pati Raya dan Kota Tegal-Pemalang. Setelah dilakukan verifikasi, nama terakhir tidak masuk sebagai calon tuan rumah.

”Kalau lihat skor, memang Kota Semarang dan Solo lebih tinggi dibanding Pati Raya. Itu wajar, karena kelas Semarang dan Solo adalah Nasional. Ada pun Porprov kelas kabupaten, sehingga untuk pemerataan saya lebih condong ke Pati Raya,” kata Gubernur.

Namun saat itu, Gubenur minta kepada KONI Jateng agar men-tanting KONI se-Pati Raya tentang kesiapannya. ”Ini untuk memastikan kesiapan dan keseriusan mereka,” tandas pecinta olahraga sepeda itu.

Atas arahan itu, maka Tim Penjaringan mengundang para penanggung jawab calon tuan rumah Pati Raya di KONI Jateng, Senin (6/1) lalu. ”Di hadapan bapak-bapak pengurus KONI Jateng itu, kami menyatakan tekad bulat untuk menjadi tuan rumah,” tegas Fathur Rachman.

Atas kepercayaan yang diberikan kepada KONI se-Pati Raya, Fatchurrahman menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Jateng, Ketua Umum KONI Subroto dan jajarannya. ”Kepada Pak Ganjar, Pak Subroto dan para pengurus KONI Jateng, kami menghaturkan terima kasih,” tegasnya.

Cari Keuntungan
Fatchurrahman juga mengungkapkan, enam bupati di wilayahnya sudah menyatakan siap mendukung. Jika SK Penetapan Tuan Rumah dari Gubernur sudah diterima, maka pembangunan venue segera dilakukan.

”Bapak dan Ibu Bupati di Pati Raya sudah menyiapkan anggaran untuk keperluan Porprov. Itu nanti untuk pelaksanaan dan pembangunan venue,” paparnya.

Sebagai tuan rumah, menurut Fatchurrahman, pihaknya tidak akan mencari keuntungan dengan mempertandingkan cabang olahraga favorit dan meniadakan cabang olahraga yang tidak menguntungkan. ”Semua cabang olahraga yang diusulkan KONI Kabupaten di Jateng, jika peserta memenuhi kuota dan venue tersedia, maka akan kami pertandingkan,” tegasnya.

Diungkapkannya, balap sepeda dan arung jeram adalah cabang olahraga yang Pati Raya tidak memiliki venue. Velodrome ada di Surakarta, dan arung jeram di Magelang. ”Cabang olahraga ini pun, jika peserta menghendaki akan tetap kami gelar,” tegas dia.

Riyan/Muha