blank
Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz didampingi Kapolres AKBP Rudy Cahya Kurniawan, Ketua DPRD H Sarimun serta Dandim 0709/Kebumen Letkol Kav MS Prawira Negara Matondang menghadiri apel pengamanan malam tahun baru 2020 di Jalan Mayjen Sutoyo depan Pendapa Bupati Kebumen, Rabu 31/12. (Foto: Suarabaru.id/Ist)

KEBUMEN – Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz menyampaikan ucapan Selamat Tahun Baru 2020 kepada masyarakat di daerahnya. Ucapan itu disampaikan Bupati setelah mengikuti  Apel Pengamanan Malam Tahun Baru di depan Pendapa Rumah Dinas Bupati Jalan Mayjen Sutoyo Nomor 1, Rabu petang (31/12).

Kepada masyarakat, bupati meminta agar merayakan malam pergantian tahun baru secara sederhana. Ia juga mengimbau masyarakat tidak euforia berlebihan.”Malam tahun baru kita sambut dengan sederhana saja, tidak perlu berfoya-foya, yanga penting meriah dan khidmad,”tandas orang nomor satu di Kebumen itu.

Kepada jajaran aparat pemerintah dan birokrasi, Bupati berharap pada 2020 mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat secara lebih baik dan optimal. Bahkan melalui berbagai program penanggulangan kemiskinan dan pembangunan, diharapkan Kebumen semakin sejahtera dan angka kemiskinan menurun.

Apel Pengamanan Malam Tahun Baru 2020 itu dipimpin Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan, dihadiri Ketua DPRD Kebumen H Sarimun dan Dandim 0709/Kebumen Letkol Kav MS Prawira Negara Matondang, Sekda Ahmad Ujang Sugiono, Kepala Kantor Kemenag Kebumen H Panut MPd serta para pejabat lainnya.

Panen Rezeki

Sedangkan Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan dalam amanatnya menyampaikan, dari hasil pemantauan melalui Posko Operasi Lilin Candi Polres Kebumen, sejauh ini situasi Kamtibmas masih kondusif.

Setelah pelaksanaan apel tersebut, personil pengamanan gabungan yang melibatkan Polri, TNI, Pemkab dan kekuatan lintas sektoral hingga sukarelawan dan unsur masyarakat digeser ke titik yang telah ditentukan. Para personil pengamanan selanjutnya berbagi tugas mengamankan lokasi pengumpulan massa, pusat hiburan, gereja, pusat jual beli serta mengatur arus lalu-lintas.

Sebagian masyarakat Kebumen menyambut pergantian malam tahun baru 2020 itu dengan antusias tinggi dan mendatangi Alun-alun Kebumen. Jalan-jalan menuju akses pusat kota  Kebumen sejak pukul 20.00 sudah ramai dan arus lalu-lintas padat merayap oleh sepeda motor dan mobil. Petugas Dishub dan Polres dibantu Kodim 0709 pun mengatur arus lalu-lintas dan mengamankan perayaan tahun baru di Kebumen.

Tukang parkir pun ikut mengais rezeki menjaga motor dan mobil karena jalan-jalan di seputar Alun-alun diberlakukan car free night atau malam bebas kendaraan. Demikian pula para pedagang kaki lima baik makanan dan minuman serta rumah makan dan kafe. Mereka ikut panen rezeki dengan melubernya pengunjung di kawasan Alun-alun dan pusat kota yang merayakan malam tahun baru sambil menikmati sajian makanan dan minuman.

Suarabaru.id/Komper Wardopo