blank
SIMULASI TFG: Kabag Ops Polresta Surakarta, Kompol Ketut Sukarda menunjuk titik keramaiaan saat Car Free Night (CFN) dala, simulasi Tactical Floor Game (TFG) di Mako 2 Jalan Slamet Riyadi, Senin (30/12). (suarabaru.id/lbc)

SOLO (SUARABARU.ID) – Perayaan pergantian tahun di Kota Solo akan digelar event Car Free Night (CFN) di sepanjang Jalan Slamet Riyadi, Kota Solo. Selama CFN, jalan sepanjang 4,2 kilometer dari simpang empat Purwosari hingga Bundaran Gladag tersebut akan ditutup mulai pukul 20.00 WIB, Selasa (31/12).

Kabid Lalu Lintas Dishub Surakarta Ari Wibowo mengatakan, terkait penyelenggaraan CFN, maka arus lalu lintas yang mengarah  ke jalan Slamet Riyadi akan dialihkan, pihaknya sudah menyusun rekayasa lalu lintas untuk pengalihan arus lalu lintas selama CFN berlangsung.

blank

“Dishub juga akan menutup arus lalu lintas pada  Over Pass Manahan bagi kendaraan bermotor yang datang dari arah jalan Laksda  Adi Sucipto ataupun Jln MT Haryono. Selanjutnya Over Pass Manahan  diperuntukkan untuk arus lalu lintas yang masuk dari jalan dr Muwardi menuju Jalan Laksda Adi Sucipto, hanya satu arah saja,” terangnya.

Ari Wibowo memerkirakan, arus lalu lintas di Kota Bengawan pada malam menyambut datangnya tahun baru diperkirakan akan meningkat lima hingga 10 persen dari rata-rata harian sebasnyak 130.000 kendaraan bermotor/ hari. Peningkatan yang relatif sedikit karena tidak seluruh warga luar daerah datang ke CFN.

“Kondisi demikian karena sejumlah daerah di sekitar Surakarta seperti Solo Baru dan Boyolali juga menggelar berbagai kegiatan menyambut datangnya tahun baru 2020. Untuk pengamanan, Dishub Surakarta juga menerjunkan 110 personel,” tambahnya.

Kantong Parkir

Sementara itu, Kapolresta Surakarta AKBP Andy Rifai mengemukakan, titik kumpul masyarakat dalam menyambut tahun baru 2020 sudah diidentifikasi, yakni di  Plaza Manahan, Jembatan Kali Pepe, Jalan Brigjen Slamet Riyadi Alun-Alun Kidul. Ploting pasukan untuk pengamanan juga sudah ditentukan baik dari TNI/Polri dan ormas maupun instansi terkait.

blank

“Untuk CFN, terdapat 35 lokasi kantong parkir kendaraan. Kami juga sudah menyiagakan pasukan sniper, serta menambah kamera pengawas di sepanjang Jalan Slamet Riyadi agar masyarakat yang merayakan pergantian tahun baru di Solo merasa aman dan nyaman,” tegas Kapolresta usai memimpin kegiatan Simulasi Kontijensi dalam rangka Antisipasi Perayaan Menyambut Malam Tahun Baru 2020 di Mako 2 Jalan Slamet Riyadi, Senin (30/12).

Bagus Adji