blank
PERAWATAN : Petugas PT PLN (Persero) Rayon Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, sedang melakukan perawatan-pergantian material jaringan untuk keandalan listrik Natal dan pergantian tahun baru 2020. Foto : SB/Wahono/Muha

BLORA (SUARABARU.ID)– Usai fokus menyediakan listrik Natal 2019, kini PT PLN (Persero) Rayon Blora dan Cepu, kembali konsentrasi menyiapkan Tim Siaga 24 jam untuk keandalan listrik perayaan pergantian tahun baru 2020.

Satuan (tim) yang sudah dibentuk dua pekan lalu, sekaligus pengamanan keandalan listrik tahun baru berjumlah sekitar 60 personel yang selalu standby di pos pelayanan (Posyan) PLN Rayon Blora dan Posyan PLN Rayon Cepu.

”Untuk kendalan listrik tahun baru, Tim Siaga 24 jam siap di posyan masing-masing,” jelas Manager PT PLN (Persero) Rayon Blora, Jawa Tengah, Mahfud Sungadi, Rabu (27/12/2019).

Untuk Rayon Blora, lanjutnya, persiapan sudah dimulai jauh-jauh hari dengan melakukan pengecekan fasilitas jaringan, dan perawatan rutin untuk antisipasi gangguan.

”Tim Siaga 24 jam siap setiap hari, mereka siaga menangani kondisi emergency seperti beberapa kali listrik padam sebelum Natal kemarin,” tambahnya.

blank
JARINGAN : Petugas PT PLN (Persero) Rayon Cepu, Kabupaten Blora, kerja keras rabas-rabas pohon yang berpotensi mengganggu jaringan listrik di musim penghujan. SB/Wahono/Muha

Menururutnya, para petugas tehnis tidak hanya konsentrasi untuk tahun barunan, pengecekan dan perawatan jaringan terus berjalan untuk antisipasi segala gangguan dengan menyiapkan travo emergency jika terjadi kondisi darurat

Preventif

Perlu diketahui, wilayah kerja Rayon Blora dan Cepu, menjadi perhatian khusus PT PLN (Persero), karena kedua rayon ini termasuk kawasan rawan gangguan jaringan.

Gangguan sering terjadi tidak hanya pada saat hujan angin siang hari, saat tengah malam juga sama, terutama gangguan akibat pohon tumbang, dan ranting putus di kawasan hutan jati.

Seperti progres pergantian tahun baru sebelumnya, masyarakat merayakannya dengan berbagai kegiatan, karena itu pihaknya melakukan langkah-langkah preventif pengecekan jaringan.

”Semangat kami, pelayanan terbaik dan ketersediaan listrik untuk masayarakat,” kata Mahfud.

Rayon Cepu juga sama. Seperti dijelaskan Manager PT PLN (Persero) Rayon Cepu, M Alwi Sofian, setelah Natal 2019, pihaknya tetap fokus penyediaan listrik perayaan pergantian tahun baru 2020.

Alwi menambahkan, PT PLN menomor satukan keselamatan kerja dengan target zero incedent, dan jaringan handal melalui condition base maintenance (CBM).

”Jauh hari, petugas teknis kami bekerja keras melakukan perawatan jaringan untuk ketersediaan, keandalan listrik Natal 2019, dan tahun baru 2020,” pungkas Manager PT PLN Rayon Cepu, M Alwi Sofian, .

Wahono/Muha