blank
Peserta UKW PWI Jateng ketika melakukan wawancara door stop dengan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jawa Tengah Riena Retnaningrum SH. (Foto: SuaraBaru.id/Muharno Zarka)

SEMARANG(SUARABARU.ID)-Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Tengah Rien Retnaningrum SH mengatakan merespon perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat, Pemprov Jateng menerapkan layanan publik berbasis digital.

“Saat ini dunia tengah memasuki revolusi industri 4.0. Pemerintah harus menyesuaikan dengan perkembangan tehnologi informasi dengan menerapkan pelayanan publik secara online. Layanan online akan lebih mempermudah masyarakat,” katanya.

Riena Retnaningrum SH mengatakan hal itu ketika melakukan konferensi pers di hadapan 24 peserta Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Tengah di Hotel Quest Semarang, Jumat (20/12).

Menurut Riena, semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Jawa Tengah sudah melakukan pelayanan publik secara digital. Lima tahun ke depan ditargetkan layanan berbasis online sudah bisa berjalan dengan baik dan optimal tanpa menemuai kendala.

Lapor Gub

“Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pronowo sudah membuka aplikasi “Lapor Gub” yang bisa diakses masyarakat secara langsung. Melalui aplikasi tersebut semua aduan terkait pelayanan publik dan kritik terhadap kebijakan pembangunan bisa disampaikan,” tuturnya.

Bahkan, tambahnya, Ganjar Pranono juga membuat akun instragram (IG) yang dikelola secara pribadi tanpa ditangani oleh admin khusus. Setiap aduan, kritik dan semua informasi terkait program pembangunan akan dijawab sendiri oleh Gubernur Jateng.

“Dari hasil penjaringan aduan yang masuk, paling banyak terkait dengan masalah pembangunan infrastruktur, kebijakan di bidang pendidikan dan pelayanan kesehatan. Karena tiga hal tersebut merupakan kebutuhan dasar masyarakat,” tandasnya.

Dalam masalah pelayanan publik secara online, menurut Riena, pihak Pemprop Jateng meminta semua OPD untuk bisa melakukan sinergi. Sehingga ketika ada persoalan yang muncul bisa diatasi secara komperehensip, tepat dan cepat.

Muharno zarka/mm