blank
Peserta rapat lintas sektoral untuk pengamanan Natal dan tahun baru 2020 di Blora, sepakat bersama-sama menjaga kabupaten penghasil kayu jati tetap aman, sejuk, dan kondusif. (Foto : SB/Hms-Resbla)

BLORA (SUARABARU.ID)  – Kepolisian Resor (Polres) akan menggelar Operasi Lilin Candi  (OLC) 2019. Operasi akhir tahun itu, berlangsung selama 12 hari dimulai 23 Desember 2019 hingga 1 Januari 2019, dengan mendirikan empat pos pengamanan .

Kegiatan operasi dan pendirian pos pengamanan (Pospam) tersebut untuk memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat luas yang merayakan Natal dan Tahun Baru 2019 ke 2020.

“Rakor lintas sektoral ini, untuk kegiatan pengamanan Nataru,” beber Wakil Kepala Polres Blora, Kompol M. Samdani, Rabu (18/12/2019).

Rapat lintas sektoral yang digelar di aula Arya Guna Mapolres setempat, dipimpin Wakapolres Kompol M. Samdani, hadiri jajaran Forkompinda, para Kabag, Kasat, Kapolsek Polres Blora.

Selain itu, hadir para tokoh agama (pengurus FKUB) Satpol PP, BPBD, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, para Kepala Stasiun, Manager PLN Blora-Cepu, perwakilan gereja-gereja dan perwaklan dari instansi terkait.

Wakapolres Kompol Samdani menjelaskan, rapat koordinasi  (rakor) lintas sektoral dilaksanakan sebagai persiapan Operasi Lilin Candi 2019 dalam rangka pengamanan perayaan Nataru.

Didukung Pemkab

Dari rakor  ini diharapkan dapat terjalin koordinasi yang baik dan sinergi antara pihak Kepolisian dengan instansi terkait, sehingga dalam pelaksanaannya penganan Nantaru nanti berjalan lancar tanpa hambatan.

“Operasi Lilin Candi 2019, adalah operasi kemanusiaan skala nasional untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada seluruh masyarakat,” kata Samdani.

Dalam paparannya, Kabagops Kompol Zuwono, memerinci data tempat-tempat ibadah gereja, tempat wisata dan lokasi pos pengamanan yang nantinya akan ditempatkan personil gabungan Polri, TNI dan instansi terkait.

“Polres akan dirikan empat  Pospam yang akan diisi personil gabungan untuk mennjaga situasi tetap aman, nyaman dan kondusif,” jelas mantan Kapolsek Randublatung dan Kapolsek Ngawen, Polres Blora.

Lokasi empat Pospam tersebut, di alun Alun Kota Blora, Gereja Bethany, Gereka Katholik Santo Pius, dan Gereja ST.Willibrordus Cepu.

Dalam kesmepatan itu, Bupati Blora H. Djoko Nugroho diwakili Asisten II, Suryanto, menyampaikan  terimakasih pada Polres telah menyiapkan segalanya untuk rapat lintas sektoral.

Demi prosesi Natal dan pergantian tahun baru, Pemkab mendukung penuh Operasi Lilin Candi 2019, agar perayaan Natal dan Tahun Baru di kabupaten paling timur di Jateng ini tetap aman dan kondusif.

Wahono/mm