blank
Patroli bersama yang melibatkan jajaran Polsek dan Koramil, dilakukan dalam upaya cipta kondisi menyambut Nataru di Kabupaten Wonogiri.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Personel TNI dari Koramil-13 Pracimantoro Kodim 0728 Wonogiri bersama jajaran Polsek Pracimantoro, melakukan patroli bersama. Ini dilakukan dalam rangka menciptakan situasi wilayah yang kondusif, utamanya untuk menyongsong perayaan Hari Raya Natal dan Tahun Baru.

Danramil-13 Pracimantoro Kapten (Cba) Budi Waluyo, melalui Serda Samsu Ashar, mengatakan, patroli bersama dalam menyambut Nataru ini, fokus pada pengamanan gereja-gereja yang ada di wilayah Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri. Ini dilakukan bersama para pengurus gereja, dalam upaya strerilisasi tempat-tempat ibadah umat Kristiani, sebagai langkah antisipasi terhadap kemungkinan kemunculan gangguan keamanan. Kata Serda Samsu, patroli bersama jajaran Polri dan TNI ini berjalan lancar, tidak menemukan hal-hal yang mencurigakan.

Patroli bersama unsur TNI dan Polri, juga dilaksanakan di Kecamatan Manyaran Kabupaten Wonogiri, yang dikoordinasikan oleh Kapolsek Manyaran Iptu Abu Bakar Sidiq. Dalam menggelar patroli malam, juga dilakukan pula koordinasi dengan Polsek sekitar.

Kemudian di Kecamatan Jatiroto, Wonogiri, patroli dalam rangka cipta kondisi menjelang Nataru, dipimpin langsung Kapolsek Iptu Unggul Wasisto, dengan melakukan pengamanan di sejumlah gereja. Kemudian di Kecamatan Kismantoro dan Kecamatan Jatipurno, yang melakukan Kegiatan Kepolisian Yang Ditingkatkan (KKYD) menyambut Nataru, dipimpin oleh Kapolsek Iptu Bambang Suripto dan Kapolsek Iptu Edi Hanranto. Selanjutnya di Kecamatan Eromoko, dipimpin Kapolsek Iptu Anom Prabowo dan di Kecamatan Pracimantoro dipimpin Kapolsek Iptu Setiyono.

Multi Sasaran
Sementara itu, Sabtu malam (14/12), dilaksanakan operasi multi sasaran di Rayon I Wonogiri, dalam rangka cipta kondisi menjelang perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Operasi ini, melibatkan jajaran meliputi Polsek Kota, Polsek Selogiri, Polsek Ngadirojo, Polsek Nguntoronadi dan Polsek Wuryantoro. Lokasi operasi dengan sandi Giat-21 ini, berada di wilayah Polsek Kota Wonogiri.

blank
Personel Polsek Pracimantoro bersama Anggota TNI dari Koramil setempat, melakukan patroli bersama pengamanan gereja di wilayah Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri.


Operasi menjelang tengah malam tersebut, diawali dengan apel kesiapan dan pemberian Arahan Pimpinan Pasukan (APP) oleh Kanit Reskrim Polsek Wonogiri Kota, Ipda Bonal Eko TriLaksono, dilanjutkan dengan pemeriksaan kendaraan yang melintas di ruas Jalan RM Said di Lingkungan Brumbung Kelurahan Giriwono, Kecamatan Wonogiri Kota.

Hasilnya, memeriksa 5 unit kendaraan roda empat, 15 unit sepeda motor, dan tiga buah truk, yang melakukan perjalanan malam di jalur Wonogiri-Solo tersebut. Tim operasi tidak menemukanbarang atau bawaan yang mencurigakan, baik itu narkoba, bahan peledak (Handak) maupun senjata.

Operasi multi sasaran juga digelar di Rayon 5 yang berlokasi di Tugu Manunggal, Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri, yakni di titik perbatasan Kabupaten Wonogiri dan Sukoharjo (Jateng) dengan Kecamatan Semin Kabupaten Gunungkidul (DI Yogyakarta). Kegiatan ini melibatkan Polsek Manyaran, Polsek Eromoko, Polsek Pracimantoro, Polsek Giritontro, dan Polsek Paranggupito. Diawali dengan apel dan APP oleh Kapolsek Manyaran Iptu Abu Bakar Sidiq.

Bulan Desember merupakan bulan suka cita bagi umat Kristiani di dunia. Karena di bulan ini, dirayakan Hari Natal sebagai hari peringatan Kelahiran Yesus Kristus ke dunia. Di hari Natal, identik dengan kemunculan pernak-pernik atribut Natal berupa pohon Natal, lampu terang, topi Natal dan hiasan Natal lainnya. Natal, adalah hari yang begitu berkesan dan penuh sukacita bagi seluruh umat Kristiani. Di Jakarta, Presiden Jokowi, minta semua pihak untuk menjaga toleransi dan kerukunan dalam perayaan Natal dan Tahun Baru.

Bambang Pur-trs