blank
Muhammad Khan, peraih Piala Citra untuk Pemeran Utama Pria Terbaik Festival Film Indonesia 2019

JEPARA (SUARABARU.ID) Perjalanan karier Muhammad Khan, peraih  Piala Citra  untuk Pemeran Utama Pria  Terbaik Festival  Film Indonesia 2019 tergolong  mulus. Bahkan ia mengangggap tidak ada jalan terjal yang harus dilalui kendati  ia harus menyelesaikan pendidikannya di ISI  Yogyakarta  selama 13 semester. “Saya  tau kemana harus melangkah. Jadi  selama ini  berjalan   mulus,”  ujar Muhammad  Khan dalam wawancara khusus dengan SuaraBaru.Id.

blank
Alumni jurusan bahasa SMAN 1 Jepara tahun 2010

Pria kelahiran  desa Semat, Tahunan,  Jepara  28  tahun yang lalu , ini mengaku memulai mengenal panggung saat bergabung dengan  teater  Biassukma, SMAN 1 Jepara tempat ia sekolah  selepas menyelesaikan sekolahnya  SMPN 2 Jepara tahun  2006. Sedangkan pendidikan SD dilalui  di  SDN 6 Pangggang  dan lulus  tahun  2001. “Pentas pertama dengan teman-teman SMA itu sangat  berkesan dan berarti sekali. Apalagi  sejak usia   10 tahun  saya  sangat mengidolakan Shah Rukh Khan. Karena  itu dalam    seni  peran saya gunakan nama  Muhamamd Khan,” ujarnya.

blank

Film garapan Garin Nugroho berjudul Kucumbu Tubuh Indahku, yang mengantarkan Muhammad Khan sebagai pemeran Juno meraih penghargaan piala Citra 2019.Karena  kecintaannya pada  seni peran, putra  pertama  pasangan Bambang Sugiarto – Latifah yang tinggal di RT 07 /  RW 03 desa Semat    ini memilih  ISI Yogyakarta untuk melanjutkan studinya. Ia memilih   jurusan teater  dengan minat utama  keaktoran. Ia terobsesi aktor bollywood Shahrukh Khan. Karena itu selama kuliah  ia  sangat  menghayati seni  peran  hingga pernah mendapatkan penghargaan  aktor terbaik  pada  parade  teater realis tahun 2011. Jepara dan Yogyakarta adalah  kota yang membentuk saya, tambahnya.

Karena itu,  selamanya saya  menganggap Jepara adalah keluarga dan   Yogya adalah  sahabat yang mendukung perjalanan kerier saya. Terima kasih kepada  semuanya  yang   telah menjadi bagian dari perjalan hidup  saya, terutama kedua  orang tua saya,” papar Muhammad  Khan mengenang perjuangan dan dukungan orang tua, keluarga, guru    dan  teman-temannya di Jepara dan Yogyakarta.

Ia juga menyampaikan terima kasih secara  khusus kepada sutradara  Garin Nugroho yang telah memberikan kepercayaan untuk memerankan Juno dalam film Kucumbu Tubuh Indahku. Film  itu yang mengantarkan ia meraih penghargaan  piala Citra 2019.

Ditanya tentang keberhasilannya  meraih piala  Citra  Muhammad Khan  mengungkapkan , hanya  orang yang tidak percaya Tuhan    yang meremehkan  mimpi-mimpinya sendiri dan mimpi orang lain.

“Karena itu apa yang dicapai harus menyenangkan orang banyak. Bukan hanya  untuk  dirinya  sendiri” ujarnya.

Sementara itu Udik Agus DW, kepala SMAN  1  Jepara yang juga  dikenal sebagai seorang  seniman, mengaku  turut bangga atas  prestasi  Muhammad Khan. Semoga ia   dapat terus berkarya dan menjadi motivasi bagi anak-anak muda.

Sedangkan sepupunya, Yeni  Amalia  merasa senang  dan bangga  atas apa yang di capai Muhammad Khan. Hal yang sama juga diungkapkan oleh Petinggi Semat,  Eko  Masnoor. “Kami semua  bangga dan  senang atas prestasi  yang dicapai putra desa Semat yang sejak  muda  memang  sangat tekun.  Ini  bisa  menjadi inspirasi bagi putra-putri Jepara,” ujarnya.

Hadi  Priyanto-trs