blank
GANDENG TANGAN: Wakapolres Grobogan, Kompol Dwi Hendro bergandengan tangan dengan sejumlah mitra, usai rapat koordinasi jelang Operasi Lilin Candi 2019. Foto: Hana Eswe

GROBOGAN (SUARABARU.ID)– Polres Grobogan menggelar rapat koordinasi lintas sektoral, dalam rangka Operasi Lilin Candi 2019, dengan mengundang Forkopimda, PJU Polres Grobogan, jajaran Kapolsek, dan seluruh elemen serta instansi terkait. Rapat koordinasi itu dilaksanakan di Aula Jananuraga, Kompleks Polres Grobogan, Jumat (13/12).

Dalam kegiatan ini, hadir Wakapolres Grobogan Kompol Dwi Hendro Pudiyanto, yang mewakili Kapolres AKBP Ronny Tri Prasetyo Nugroho. Dalam sambutannya, AKBP Dwi Hendro menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan guna memasikan opeasi Lilin Candi 2019 dapat berjalan dengan baik.

BACA JUGA : Ganjar Buka Peluang Jatidiri Dikelola Profesional

”Artinya, kita koordinasikan apa yang kita lakukan. Memastikan bukan hanya keamanan, namun juga kenyamanan masyarakat dalam melaksanakan ibadah Natal dan merayakan Tahun Baru,” jelas Kompol Dwi Hendro.

Pihaknya menambahkan, Polres Grobogan sudah menyiapkan rencana pengamanan yang disinergikan dengan aparat dari TNI, bersama komponen masyarakat lain. Khususnya, pada pelaksanaan ibadah Natal di gereja-gereja yang ada di Kabupaten Grobogan. Disamping itu, bentuk pengamanan juga akan dilaksanakan di berbagai tempat wisata di wilayah ini.

”Dalam pengamanan bukan semata tugas Polri dan TNI saja. Pengamanan ini merupakan tugas kita semua. Aparatur negara memastikan keamanan hari besar dan agenda Nasional. Mari kita saling bekerja sama, jangan saling menunggu. Ini kesempatan kita untuk memupuk ladang pahala,” papar Wakapolres.

Langkah awal sebagai persiapan pengamanan dan pelayanan masyarakat dalam rangka Hari Raya Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, pihak kepolisian telah melakukan beberapa operasi lalu lintas.

Bersinergi
”Operasi ini tujuannya adalah, bagaimana seluruh masyarakat Nasrani bisa melaksanakan ibadah pada hari besar keagamaan Natal nanti dengan aman, nyaman, dan lancar. Pada hari libur Tahun Baru, arus kendaraan dan arus barang bisa berjalan dengan normal, tidak ada gangguan sama sekali,” tambah Wakapolres.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Grobogan yang diwakili Kepala Baskesbanglinmas, Daru Wisakti mengungkapkan, dalam persiapan perayaan Natal dan tahun baru kali ini, seluruh unsur masyarakat Kabupaten Grobogan harus bersinergi melakukan pengamanan, di titik-titik yang sudah diprediksi mempunyai kerawanan.

”Kita harus bersinergi tentang pengamanan Natal dan tahun baru, serta konflik-konflik yang ada di Kabupaten Grobogan ini. Baik pengamanan di jalur jalan maupun kegiatan masyarakat. Jangan sampai mereka yang melintas di wilayah Grobogan mempunyai kesan yang tidak baik, apakah itu segi kemacetan atau kejadian menonjol lainnya,” ucap pria yang akrab disapa Daru ini.

Hana/Riyan