blank
Dandim 0728 Wonogiri yang baru, Letkol (Inf) Imron Masyhadi (kanan), menerima ucapan selamat dari Danrem 074 Warastratama Surakarta Brigjen TNI Rafael Granada Baay (kiri).

WONOGIRI (SUARABARU.ID) –  Letkol (Inf) Imron Masyhadi, kini menjabat sebagai Dandim 0728 Wonogiri yang baru, menggantikan Letkol (Inf) M Heri Amrulloh. Upacara serah terima jabatan (sertijab) dipimpin oleh Danrem  074 Warastratama Surakarta, Brigjen TNI Rafael Granada Baay, Rabu (11/12), diaula Makodim 0728 Wonogiri.

Ikut hadir dalam upacara sertijab, para perwira jajaran Korem 074 Warastratama Surakarta termasuk di dalamnya para Kasi/Pasi. Juga hadir Dadempom IV/4 Surakarta, Letkol (Cpm) Gunawan Setiyadi, serta Danyonif Raider 408, Letkol (Inf) Yefta Sangkakala, Ketua dan Pengurus Persit Kartika Candra Kirana Koorcab Rem 074 PD IV/Diponegoro, bersama para Ketua Persit Kartika Candra Kirana Cabang se-jajaran Koorcab Rem 074.

Danrem 074 Warastratama, Brigjen TNI Rafael Granada Baay,  mengatakan, perputaran jabatan merupakan bagian dari program pembinaan personel di TNI AD. ”Sehingga perkembangan karier perwira selalu berjalan,” katanya.

Danrem mengucapkan terima kasih kepada mantan Dandim Wonogiri, Letkol Inf M Heri Amrulloh, yang telah melaksanakan tugas dengan baik dan mampu menjalin kerja sama dengan Pemkab, tokoh masyarakat, hingga tokoh pemuda. Salah satu yang telah dikembangkan Heri, tandas Danrem, adalah membuka lahan pertanian dengan memanfaatkan lahan kosong.

Tanaman Perkebunan
Itu dilakukan melalui jalinan kerja sama dengan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan), untuk lebih sadar bertani dan menanam. ”Tidak hanya menanam padi, tetapi juga tanaman perkebunan. Contohnya, menanam alpukat mentega dan buah-buahan lainnya,” terangnya.

Sebelumnya, juga menanam buah srikaya yang kini sudah panen. Kelak, tandas Danrem, upaya penanaman dan penghijauan dilanjutkan dengan menanam pepaya kalifornia, hingga tanaman lokal seperti jambu mete.

Penanaman dilaksanakan pada musim hujan di hulu Waduk Gajahmungkur sebagai wilayah resapan air. Selain itu, program pembuatan embung masih berjalan, dan kini pada tahap pencarian lokasi. Diharapkan, upaya-upaya tersebut mampu meningkatkan kesejahteraan petani.

Kodim 0728 Wonogiri, juga merintis pengembangan agro wisata, yang diarahkan untuk kepentingan rekreasi dan edukasi. Itu dilakukan pada lahan seluas 15 Hektare (Ha) di Dusun Gudang, Desa Pokoh Kidul, Kecamatan Wonogiri. Di lokasi tersebut, dapat dijadikan spot wisata. Anak-anak TK, SD, SMP dapat melakukan ekstrakurikuler pertanian.  Terkait ini, Dandim Wonogiri yang baru, Letkol (Inf) Imron Masyhadi, menyatakan siap untuk melanjutkan dan meningkatkan program-program yang telah dikembangkan oleh Dandim lama tersebut.

Bambang Pur-trs